Liga Indonesia

Kiper Dewa United Berharap Bisa Ikuti Jejak I Made Wirawan

Selasa, 25 April 2023 18:21 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Dewa United.
Penjaga gawang Dewa United, Muhammad Natshir, mengagumi sosok I Made Wirawan yang memutuskan pensiun di akhir Liga 1 2022/23 bersama Persib Bandung. Copyright: © Dewa United.
Penjaga gawang Dewa United, Muhammad Natshir, mengagumi sosok I Made Wirawan yang memutuskan pensiun di akhir Liga 1 2022/23 bersama Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Dewa United, Muhammad Natshir, mengagumi sosok I Made Wirawan yang memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola profesional usai berakhirnya kompetisi Liga 1 2022-2023.

Menurut Deden sapaan akrabnya, sosok Made menjadi inspirasinya, pasalnya meski usianya sudah tidak muda lagi namun performanya di lapangan masih diperhitungkan. 

Hal itu dirasakan langsung oleh Deden, ketika masih berada dalam satu tim dengan kiper senior tersebut di Persib Bandung. Bahkan, kepribadian di luar lapangan Made menjadi contoh baginya dalam menjalankan karier sebagai penjaga gawang.

Sebagai informasi, Made sudah memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola profesional di usianya ke 41 tahun, setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2022-2023 dan menjadikan Persib Bandung sebagai klub terakhir yang dibelanya.

"Dari dulu mungkin saya lihat Bang Made itu bukan saingan, tapi sosok yang saya kagumi, dan menjadikan contoh dari luar maupun di dalam latihan karena saya juga merasa di usia Bang Made yang 41 itu sungguh luar biasa," kata Deden

Penjaga gawang asal Soreang, kabupaten Bandung ini menambahkan, melihat Made yang bisa berkarier hingga usia 41 tahun membuatnya memiliki keinginan untuk mengikuti jejak seniornya tersebut.

Bahkan menurut Deden, melihat kondisi fisik dan kebugaran, Made masih sanggup untuk bermain dan bersaing di kompetisi Liga 1. Namun, kiper asal Bali tersebut pasti memiliki pertimbangan saat memutuskan untuk pensiun.

"Kadang saya berpikir saya bisa gak yah sampai ke 41, itu luar biasa apalagi bukan karena fisik menjadi down, misalnya badan jadi besar, tapi Bang Made sudah merasa cukup bermain bola," ungkapnya.

"Apalagi sekarang juga mungkin anaknya juga ingin lebih dekat sama Bang Made, lebih intens, Insya Allah jadi yang terbaik buat Bang Made," ucapnya menambahkan.

Mantan penjaga gawang Timnas Indonesia U-23 ini mengaku, menjadi salah satu pemain yang dekat dengan I Made Wirawan. Sehingga, saat mendengar kabar seniornya tersebut akan pensiun, Deden langsung memastikan kepada yang bersangkutan meskipun sudah berbeda tim.

"Saya mungkin salah satu kiper yang deket sama Bang Made, sebelum itu saya tanya bener gak bang, bener Den, kita Alhamdulillah sama siapa pun pemainnya tetap jaga silaturahmi," ucapnya.

"Jadi saya juga merasa ya gak jauh, dekat sama anak anak, mau kaya Bow (Febri Hariyadi), Henhen, Beckham, semua bisa dibilang gak lepas komunikasi, tuker informasi," jelasnya.