Liga Indonesia

Perubahan Kompetisi Indonesia Era Ligina hingga Liga 1, Hanya Lapangan yang Bagus?

Kamis, 27 April 2023 14:34 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Mantan pesepakbola asal Liberia, Roberto Kwateh menikmati profesi barunya sebagai pelatih di JK Academy. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Mantan pesepakbola asal Liberia, Roberto Kwateh menikmati profesi barunya sebagai pelatih di JK Academy.

INDOSPORT.COM - Eks legiun asing asal Liberia, Roberto Kwateh, menilai ada perubahan tentang kualitas kompetisi sepak bola Indonesia. Progres ini harus terus ditingkatkan.

Roberto Kwateh merupakan salah satu pemain asing yang memiliki karier panjang di Indonesia. Dia datang ke Indonesia pada 2003 untuk memulai debut bareng PSIM Yogyakarta.

Setelah itu, Kwateh membela tim-tim, seperti PSIS Semarang, Persibat Batang, Persepar Palangkaraya, Persiba Bantul, hingga PSCS Cilacap.

Setelah pensiun, Kwateh betah karena memiliki istri orang Indonesia. Ia merintis karier sebagai pelatih dengan menukangi akademi yang didirikan bersama sang kakak, Julius Kwateh.

Kwateh memoles sekitar 100-an siswa di akademi yang bernama JK Academy, sementara karier sebagai pemain dilanjutkan sang putra, Ronaldo Kwateh, yang belakangan rutin dipanggil timnas Indonesia.

Kesibukan yang tak lepas dari sepak bola Indonesia membuat Kwateh bisa merasakan progres dari tahun ke tahun. Dia mengamati apa saja yang dia rasakan sekarang dan dialaminya dulu.

Kwateh berkarier bukan hanya di kompetisi teratas yang dulu bernama Divisi Utama. Dia pun pernah merumput di Divisi I atau kasta kedua kompetisi saat itu.

Makanya, Kwateh pernah merasakan fasilitas yang didapatnya sebagai pemain. Ia menyebut para pemain yang ada di Liga Indonesia (Liga 1) saat ini lebih nyaman.

"Di era itu, salah satu (perubahan) yang bisa saya lihat ya lapangan. Fasilitas untuk pemain sekarang lebih bagus. Jadi saya pikir sudah oke," kata Roberto Kwateh.