Liga Indonesia

Resmi! 20 Pemain Timnas U-22 untuk SEA Games 2023: Ronaldo Kwateh Dicoret

Jumat, 21 April 2023 17:22 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Acara pelepasan Timnas Indonesia U-22 ke SEA Games 2023 Kamboja oleh Ketum PSSI Erick Thohir di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (21/04/23). (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Acara pelepasan Timnas Indonesia U-22 ke SEA Games 2023 Kamboja oleh Ketum PSSI Erick Thohir di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (21/04/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, telah resmi memilih 20 pemain yang akan dibawa ke SEA Games 2023 di Kamboja. Hal itu diumumkan oleh PSSI di Hotel Sultan, Jakarta, pada Jumat (21/4/23).

Sebelum berangkat ke Kamboja pada Selasa (25/4/23), Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyempatkan diri untuk mengunjungi pemain sore ini. Ia sekaligus merilis 20 nama pemain bersama tim pelatih.

Erick Thohir menyampaikan, sebanyak 20 pemain tersebut adalah pilihan terbaik tim pelatih setelah melakukan seleksi sejak 1 April lalu.

"Hari ini saya dengan Exco, coach Indra Sjafri, BTN dan ofisial, kami sudah berusaha keras menyeleksi 20 pemain yang kita akan kirim ke SEA Games," katanya.

"Di sinilah hari ini kami sudah pilih. Karena ini akan didaftarkan coach ke KOI. Tanggal 25 April akan berangkat ke Kamboja," imbuh Erick Thohir.

Menurut Ketum PSSI, pemain yang tidak terpilih bukan berarti tidak berkualitas. Tapi, semua itu berdasarkan kebutuhan pelatih mengingat kuotanya terbatas.

"Tentu bukan berarti yang tak terpilih bukan jadi bagian yang terbaik untuk masa depan Indonesia. Tapi ini pilihan yang harus dijalankan, kami siapkan tim yang siap, terutama mentalnya," jelas Erick Thohir. 

Dari 20 pemain yang diumumkan, hampir semuanya berasal dari klub Liga 1. Hanya ada satu nama dari Liga 2, yakni Mohammad Haykal Alhafiz (Persikab Bandung), tapi kini sudah berseragam PSIS Semarang.

Ada dua pemain abroad atau luar negeri yang dibawa ke SEA Games 2023, yakni Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan. Keduanya akan bergabung belakangan menjelang keberangkatan.

Menariknya, satu pemain abroad lain, yakni Ronaldo Kwateh, tidak dibawa serta. Dia diketahui mengalami cedera dalam uji coba melawan Lebanon, 16 April lalu.