In-depth

Tak Sumbang Pemain Timnas U-22 di SEA Games, Sinyal Lambannya Regenerasi Arema FC

Sabtu, 29 April 2023 14:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arema FC
Tanpa pemain Arema FC, Timnas Indonesia U-22 akan berjuang untuk meraih prestasi internasional melalui SEA Games 2023 yang digelar di Kamboja. Foto: Arema FC Copyright: © Arema FC
Tanpa pemain Arema FC, Timnas Indonesia U-22 akan berjuang untuk meraih prestasi internasional melalui SEA Games 2023 yang digelar di Kamboja. Foto: Arema FC

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-22 akan kembali berjuang untuk meraih prestasi internasional melalui SEA Games 2023 yang digelar di Kamboja mulai Sabtu (29/04/23).

Dinakhodai Indra Sjafri, Timnas Indonesia U-22 akan bersaing untuk menjadi yang terbaik bersama 9 negara Asia Tenggara lainnya. Tujuannya jelas, meraih juara alias medali emas.

Pada edisi kali ini, Indra Sjafri memboyong 20 nama pemain terbaik untuk berjuang di SEA Games. Sayangnya, tidak ada pemain dari Arema FC dalam skuat kali ini.

Tak ayal, situasi ini dianggap menjadi sebuah warning terhadap kemunduran prestasi dari tim berjulukan Singo Edan. Lantaran hal yang sama juga terjadi saat SEA Games 2021 di Vietnam lalu.

Padahal dalam edisi 2017 dan 2019, Arema FC konsisten mengirim wakilnya. Dua edisi SEA Games itu diakhiri Timnas U-23 dengan torehan medali.

Hanif Sjahbandi menjadi kebanggaan Arema FC saat bertanding di SEA Games 2017 silam. Saat itu, Timnas U-23 meraih medali perunggu alias peringkat tiga terbaik.

Sedangkan Sea Games 2019 di Filipina, Tim Singo Edan diwakili Muhammad Rafli. Dia menjadi bagian saat Indonesia meraih medali perak alias runner-up.

Sejatinya, Arema FC nyaris saja mengirim wakilnya pada perhelatan SEA Games tahun ini. Sayang, satu wakil Arema FC hanya sampai pada tahap seleksi pelatnas.

Dia adalah Seiya Da Costa Lay, gelandang kelahiran Jepang berusia 21 tahun yang sempat mengikuti TC Timnas U-23 di Jakarta awal April 2023. 

Pencoretan yang tentu wajar, mengingat lini tengah Timnas U-23 dijejali pemain berstatus reguler di kompetisi. Sedangkan Seiya hanya tampil dua kali dari bangku cadangan bersama Arema FC di Liga 1.