Bola Internasional

Jalin Komunikasi dengan Pemain Liga Thailand, PSIS Semarang Tunggu Pengesahan Regulasi

Minggu, 30 April 2023 19:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Zainal Hasan/INDOSPORT
PSIS Semarang dikabarkan berminat untuk mendatangkan pemain asal klub Liga 2 Thailand Nakhon Si United, Mark Hartmann. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
PSIS Semarang dikabarkan berminat untuk mendatangkan pemain asal klub Liga 2 Thailand Nakhon Si United, Mark Hartmann.

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang masih menunggu pengesahan regulasi pemain asing untuk Liga 1 2023-2024 pada kongres tahunan PSSI. Andai slot Asia Tenggara disahkan, PSIS sudah punya kandidat dari Liga Thailand.

Ada perubahan regulasi pemain asing pada kompetisi musim 2023-2024. Pembahasan regulasi ini telah dilakukan PSSI bersama klub Liga 1 dan Liga 2 pada sarasehan sepak bola nasional di Surabaya pada awal Maret.

Untuk kompetisi Liga 1, terjadi penambahan satu slot pemain asing yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Regulasi ini mengikuti liga-liga tetangga, seperti Malaysia dan Thailand yang sudah lebih dahulu diterapkan.

Meski sudah dibahas dan mayoritas klub setuju, regulasi ini akan dibahas lagi pada kongres tahunan PSSI. Pengesahan regulasi ini akan menjadi pijakan setiap klub untuk menjalankan kuota baru.

PSIS Semarang menjadi salah satu klub yang siap memaksimalkan kuota ini. Dalam proses pembentukan tim untuk musim 2023-2024, beberapa nama dari Asia Tenggara sudah jadi bidikan.

Salah satu nama yang dirumorkan menjadi incaran PSIS Semarang adalah Mark Hartmann. Pemain berposisi gelandang ini merupakan penggawa dari Timnas Filipina.

Pada musim ini, Hartmann menjadi bagian dari tim Thai League 2, Nakhon Si United. Jika patokannya adalah regulasi musim lalu, maka pemain dari Thai League 2 bisa merumput di Liga 1.

Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, tak menepis rumor yang ramai di media sosial itu. Namun, sampai dengan Minggu (30/4/23), Hartmann belum diikat kontrak.

PSIS memiliki sikap yang sama dengan 17 klub Liga 1 lainnya. Kontrak akan diberikan kepada pemain Asia Tenggara jika regulasi sudah disahkan.

"Kami masih menunggu kepastian regulasi, walaupun kami sudah komunikasi dengan beberapa pemain Asean seperti Mark Hartmann," kata Yoyok Sukawi.