In-depth

Kabar Billy Keraf, 1 Season Wonder Jebolan Persib yang Pernah Juara di Kamboja

Minggu, 30 April 2023 14:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Billy Paji Keraf jalani latihan bersama Timnas Indonesia U-22 Copyright: © INDOSPORT
Billy Paji Keraf jalani latihan bersama Timnas Indonesia U-22

INDOSPORT.COM - Penggemar Persib Bandung tentu tidak akan lupa dengan sosok Billy Keraf. Dia menjadi salah satu wonderkid yang bersinar di Liga 1 Indonesia 2017.

Billy Keraf diorbitkan oleh pelatih Persib saat itu, Djajang Nurdjaman. Debutnya di kancah profesional cukup apik dengan catatan 23 penampilan dan lima gol serta satu assist, meski jam terbangnya tak begitu banyak (488 menit).

“Saya lihat kepercayaan diri dia bagus dan susah menemukan pemain muda seperti itu. Untuk sementara visi bermainnya bagus,” ujar Djanur saat pertama kali melihat Billy di seleksi.

Namun, setelah pergantian pelatih ke Mario Gomez di Liga 1 2018, Billy kehilangan jam terbang dan hanya tampil dua kali bersama Maung Bandung, sebelum akhirnya dipinjamkan ke Borneo FC.

Di Borneo FC, pemain yang kini berusia 25 tahun itu bermain sembilan pertandingan. Billy pun mencetak satu gol untuk Pesut Etam.

Kembali dari masa pinjaman, Billy tak juga dapat tempat di tim utama Persib Bandung. Pemain asal Flores, Nusa Tenggara Timur, itu kemudian bergabung ke Badak Lampung FC dengan status pinjaman pada Liga 1 2019.

Di Badak Lampung, Billy mencatatkan sembilan penampilan tanpa gol dan assist. Sialnya lagi, tim asal Lampung itu kemudian terdegradasi.

Pasca masa pinjaman di Badak Lampung, Billy akhirnya dilepas permanen oleh Persib ke klub Liga 2, Kalteng Putra, pada 2020. Dia hanya bermain satu laga karena kompetisi dihentikan akibat pandemi covid-19.

Pada 2021, Billy Keraf lantas bergabung dengan Persita Tangerang yang diasuh Widodo C. Putro. Tapi, eks timnas Indonesia U-19 itu tak kunjung menunjukkan performa terbaik. 

Billy kesulitan bersaing di Persita dan hanya memainkan lima laga tanpa gol maupun assist, sehingga membuatnya dilepas di akhir musim.