Liga Spanyol

Usia Baru 15 Tahun, Wonderkid Barcelona Ukir Sejarah dalam Laga vs Real Betis

Minggu, 30 April 2023 13:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© FootballPicture.net
Logo Barcelona Copyright: © FootballPicture.net
Logo Barcelona

INDOSPORT.COM - Produk La Masia, Lamine Yamal, sukses mencetak sejarah besar setelah memainkan debutnya dalam pertandingan Liga Spanyol (La Liga) antara Barcelona vs Real Betis, Minggu (30/4/23) dini hari WIB.

Lamin Yamal tercatat menjadi pemain termuda yang membuatnya debutnya untuk Barcelona dalam sejarah Liga Spanyol dan kelima untuk seluruh klub Latin tersebut.

Lamin Yamal mencatat torehan ini saat membantu Barcelona Barcelona meraih kemenangan telak 4-0 saat menjamu Real Betis di lanjutan Liga Spanyol pekan ke-32.

Keempat gol tersebut berhasil dicetak oleh Andreas Christensen (4’), Robert Lewandowski (36’), Rapinha (39’), dan gol bunuh diri oleh pemain Betis Guido Rodriguez di menit ke-82.

Kemenangan itu membuat Barcelona nyaman di puncak klasemen Liga Spanyol, dengan perolehan 79 poin. Unggul 11 poin dari Real Madrid di peringkat ke-2 (68 poin).

Sementara Real Betis tertahan di peringkat ke-6 dengan koleksi 49 poin dari 32 pertandingan.

Melansir Sofascore, Lamine Yamal mendapat kesempatan debut dari Xavi Hernandez. Dia meninggalkan bangku cadangan untuk menggantikan posisi Gavi pada menit ke-83.

Opta Joe mencatat Lamine Yamal debut di Barcelona pada usia 15 tahun 29 hari. Dia menjadi pemain termuda kelima dalam sejarah kompetisi Liga Spanyol.

Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh Oscar Ramon (Real Zaragoza) dan Pedro Irastorza. Kedua pemain tersebut  mencatatkan debutnya di La Liga dalam usia 15 tahun.

Selain itu juga ada Samson (15, 255 hari), Luka Romero (15 tahun, 219 hari) yang melengkapi daftar lima pemain paling muda ketika menjalani debutnya di Liga Spanyol.