Liga Inggris

Boom! Sir Jim Ratcliffe Selangkah Lagi Jadi Pemilik Baru Manchester United

Kamis, 11 Mei 2023 16:26 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Manchester United selangkah lagi memiliki pemilik baru. Keluarga Glazer disebut memilih Sir Jim Ratcliffe sebagai pemenang dalam perang penawaran akuisisi klub. Copyright: © Getty Images
Manchester United selangkah lagi memiliki pemilik baru. Keluarga Glazer disebut memilih Sir Jim Ratcliffe sebagai pemenang dalam perang penawaran akuisisi klub.

INDOSPORT.COM – Manchester United selangkah lagi memiliki pemilik baru. Keluarga Glazer disebut memilih Sir Jim Ratcliffe sebagai pemenang dalam perang penawaran akuisisi klub Liga Inggris tersebut.

Melansir dari The Sun, Keluarga Glazer telah mengonfirmasi bahwa Ratcliffe adalah pilihan mereka untuk menjadi pemilik Manchester Uniter berikutnya.

Sir Jim Ratcliffe dan perusahaan petrokimia miliknya INEOS sebelumnya terlibat perang penawaran pembelian Manchester United dengan banker Qatar, Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani.

Dua kandidat terkuat pembeli Man United ini menawar dalam tiga tahap selama lima bulan, menyesuaikan permintaan Joel dan Avram Glazer yang ingin tetap berada di klub.

Melalui perusahaan yang mewakilinya, Raine Group yang berbasis di Amerika Serikat, Glazerkemudian menjatuhkan pilihan kepada Ratcliffe.

Menurut sumber dari dalam Man United, Keluarga Glazer lebih memilih menjual saham mayoritas kepada Ratcliffe dan INEOS Sports  daripada kepada Sheikh Jassim yang ingin membeli semua saham klub.

Sheikh Jassim sebelumnya memang mengajukan tawaran sebesar 5 miliar pounds dengan syarat kendali penuh atas Manchester United. Ini merupakan nilai tertinggi yang ditawarkan.

Sementara Sir Jim Ratcliffe dan INEOS menawarkan membeli 50 persen saham klub dengan nilai yang mendekati permintaan Glazer, yakni 6 miliar pounds.

Tawaran dari Ratcliffe tersebut memungkinkan Joel dan Avram Glazer mempertahankan saham mereka, dengan empat saudara kandung mereka menjual saham mereka.

Sebelumnya, beberapa lembaga keuangan Amerika ada yang ingin membeli saham minoritas Manchester United