In-depth

Glazer Alot Jual Manchester United, 4 Wacana Transfer Ini Jadi Korban

Minggu, 7 Mei 2023 13:34 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/David Klein
Manchester United masih dalam genggaman Keluarga Glazer. Foto: REUTERS/David Klein. Copyright: © Reuters/David Klein
Manchester United masih dalam genggaman Keluarga Glazer. Foto: REUTERS/David Klein.

INDOSPORT.COM - Manchester United masih dalam genggaman Keluarga Glazer, yang belum lama ini lagi-lagi santer dikabarkan akan menjual klub Liga Inggris (Premier League) tersebut.

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa publik dan para suporter setia Setan Merah sudah lelah dan muak melihat dinasti The Glazers masih berkuasa hingga detik ini.

Hanya saja, pengambilalihan sebuah klub sepak bola tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Menemukan pemilik baru yang tepat adalah misi yang susah-susah gampang.

Dalam beberapa waktu terakhir, Manchester United sempat dikaitkan dengan sejumlah calon pembeli maupun orang-orang yang menunjukkan ketertarikan mereka.

Dua nama yang paling sering mencuat adalah Sir Jim Ratcliffe dan Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber bin Mohammed bin Thani Al Thani.

Namun nama yang pertama kabarnya menjadi peminat terdepan yang bisa mengakuisisi Manchester United dalam waktu dekat.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, salah satu visinya ke depan adalah ‘menyapu bersih’ keberadaan Keluarga Glazer dalam kurun waktu setidaknya tiga tahun dari sekarang (2026).

Namun untuk sampai ke sana, Sir Jim Ratcliffe harus terlebih dulu menjadi pemilik sah Manchester United, yang sudah sejak November lalu ingin dijual The Glazers.

Publik Liga Inggris di sisi lain juga harus menyaksikan drama penjualan klub asal Manchester ini selama berbulan-bulan, karena Keluarga Glazers kerap menunda-nunda keputusan mereka.

Dan ternyata, buntut dari ketidakjelasan ini, entah nantinya akan dibeli Sir Jim Ratcliffe atau Sheikh Jassim, ternyata membawa dampak tersendiri di bursa transfer.