In-depth

Jadi Tim Pertama Degradasi, 5 Bintang Top Ini Ternyata Jebolan Southampton, Ada Andalan Man United

Minggu, 14 Mei 2023 14:35 WIB
Editor: Juni Adi
© Reuters/Lee Smith
Luke Shaw sedang berduel merebut bola dengan pemain Leeds United di Liga Inggris. Copyright: © Reuters/Lee Smith
Luke Shaw sedang berduel merebut bola dengan pemain Leeds United di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Lima pemain bintang top ini ternyata jebolan Southampton sebelum mereka degradasi musim ini dari kasta tertinggi Liga Inggris, Premier League.

Kekalahan Southampton dari Fulham dengan skor 2-0 dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-36, Sabtu (13/05/23) kemarin, di Stadion St Mary's membuat The Saint harus turun kasta.

Southampton jadi tim pertama yang terdegradasi dari Liga Inggris ke Championship musim ini. Mereka tak bisa keluar dari zona degradasi menempati dasar klasemen.

Meski masih menyisakan dua pertandingan lagi musim ini, tidak menolong Southampton keluar dari jurang degradasi. 

Bermain di markasnya sendiri, Southampton sebenarnya tampil cukup bagus dengan kekuatan terbaiknya. Tetapi mereka kesulitan menciptakan peluang.

Begitu juga Fulham yang kesulitan membongkar pertahanan lawan. Alhasil skor 0-0 menutup babak pertama. Baru di babak kedua permainan lebih cair.

Saling jual beli serangan terjadi namun Fulham lebih baik dalam memanfaatkan peluang, sehingga mencetak gol lebih dahulu di menit ke-48 lewat aksi Carlos Vinicius.

Southampton yang berupaya membalas malah kebobolan lagi pada menit ke-72 karena tandukan Aleksandar Mitrovic yang tak kuasa dihalau Alex McCarthy. Skor 0-2 bertahan hingga laga usai.

Southampton dipastikan turun divisi ke Championship musim depan. Sebab tim besutan Rubén Selles terpuruk di posisi ke-20 dengan 24 poin dari 36 laga, selisih delapan angka dari Everton di posisi ke-17 yang baru bermain 35 kali.

Mereka cuma menang enam kali dan seri enam kali, serta 24 kali kalah. Alhasil, Southampton harus menyudahi 11 tahun petualangan di Premier League setelah kembali di musim 2014/2015.

Sebelum pergi meninggalkan Premier League, kehadiran Southampton di kasta tertinggi ternyata membantu banyak klub top Eropa berkat pemain hebat yang mereka lahirkan. Berikut para bintang jebolan Southampton: