Liga Indonesia

Liga 1: Mark Hartmann Batal Gabung PSIS Semarang, Yoyok Sukawi Beri Penjelasan

Senin, 15 Mei 2023 17:31 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram.com/@markhartmann
Mark Hartmann pemain asing Asia incaran PSIS. Copyright: © Instagram.com/@markhartmann
Mark Hartmann pemain asing Asia incaran PSIS.

INDOSPORT.COM - Gelandang timnas Filipina, Mark Hartmann, ternyata batal merapat ke PSIS Semarang menjelang Liga 1 Indonesia 2023-2024. Perubahan regulasi strata pemain asing membuat sang pemain terpental.

Mark Hartmann merupakan gelandang yang memiliki kemampuan bagus. Umpan matang plus eksekusi tendangan bebas kerap membuahkan kemenangan untuk timnya.

Di Liga Champions Asia (LCA) 2021, Mark Hartmann bersama United City FC pernah mencatatkan sejarah dengan membungkam wakil China, Beijing Guoan (3-2).

Kemenangan itu terasa istimewa karena Mark Hartmann mencatatkan dua gol, salah satunya via tendangan bebas. Satu gol lain yang dicetak Bienvenido Maranon juga berawal dari sepakan bebas Hartmann.

Catatan gemilang itu yang membuat PSIS Semarang kepincut merekrutnya. Meski musim lalu hanya bermain di liga kasta kedua Thailand, kemampuan Hartmann dinilai cocok dengan strategi Gilbert Agius.

Namun, ternyata komunikasi intens yang telah dilakukan PSIS Semarang dengan pihak Mark Hartmann harus berakhir tak menyenangkan.

PSIS Semarang sudah mendapat konfirmasi dari PSSI pada Minggu (14/5/23), bahwa ada perubahan regulasi strata pemain asing untuk Liga 1 2023-2024.

Bila pemain asing yang sebelumnya merumput di Liga 2 Thailand boleh memperkuat tim-tim Liga 1, musim depan dibatasi hanya jebolan Liga 1 Thailand saja.

Situasi ini dijelaskan Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi. Ia menyebut komunikasi manajemen PSIS dengan pihak Hartmann sebenarnya masih terus berjalan.

"Benar, Mark Hartmann tidak lolos regulasi strata terbaru sehingga kita batal lanjut rekrut dia," jelas Yoyok Sukawi, Senin (15/5/23).