In-depth

Terdegradasi, 5 Bintang Southampton Ini Masih Layak Perkuat Klub Top Liga Inggris

Selasa, 16 Mei 2023 19:33 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Reuters/Andrew Boyers
Setelah bertahan di kasta teratas Liga Inggris (Premier League) selama sepuluh musim, Southampton akhirnya harus terdegradasi di 2022/2023. (Foto: Reuters/Andrew Boyers) Copyright: © Reuters/Andrew Boyers
Setelah bertahan di kasta teratas Liga Inggris (Premier League) selama sepuluh musim, Southampton akhirnya harus terdegradasi di 2022/2023. (Foto: Reuters/Andrew Boyers)

INDOSPORT.COM - Setelah bertahan di kasta teratas Liga Inggris (Premier League) selama sepuluh musim, Southampton akhirnya harus terdegradasi di 2022/2023.

Kepastian untuk kembali ke Championships musim depan didapat usai kekalahan 0-2 dari Fulham di St. Mary's Stadium pada pekan ke-36 lalu.

Dengan hanya dua laga tersisa di Liga Inggris musim ini, maka mustahil Southampton memangkas jarak tujuh poin dengan Everton di bibir zona aman.

Hal ini cukup disayangkan karena The Saints dalam satu dekade terakhir selalu dianggap tim yang rajin menjadi kuda hitam serta melahirkan dan memperkenalkan banyak pemain berkualitas.

Bahkan Southampton musim ini pun di tengah beraga masalah mereka masih tetap bisa memiliki skuad dengan talenta besar. Beberapa nama di bawah ini mungkin akan segera berganti klub musim depan mengingat bakat mereka terlalu bagus untuk disimpan di Championship.

1. James Ward-Prowse

Begitu Southampton dipastikan menjadi korban relegasi musim ini, semua mata langsung tertuju pada James Ward-Prowse. Kapten, bintang utama, sekaligus wajah dari tim.

Semua menantikan akan kemana Ward-Prowse akan berlabuh pada musim depan.  Ramai dilaporkan bahwa klub-klub seperti Newcastle United, Brighton & Hove Albion, West Ham United, Tottenham Hotspur, dan Manchester United semuanya meminatinya.

Gelandang asal Inggris tersebut memang layak bertahan di Liga Inggris dengan bekal keahlian mengeksekusi bola matinya. Sepanjang karier, ia sudah melesakan 17 gol tendangan bebas di ajang liga yang mana hanya kalah dari David Beckham saja.

Saat ini Ward-Prowse masih terikat kontrak dengan Southampton sampai dengan Juni 2026 dan tidak klausul penurunan harga jual karena relegasi di dalamnya.

Besar kemungkinan ia akan pergi namun tidak menutup kemungkinan bintang jebolan akademi Southampton itu berniat untuk setiap pada klub yang telah membesarkan namanya tersebut.