Bola Internasional

Gamba Osaka: Juara Jepang yang Kini Kondisinya Memilukan

Kamis, 18 Mei 2023 20:35 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© J.League
Gamba Osaka, tim yang pernah menjuarai Liga Champions Asia kini dalam kondisi miris lantaran baru mengoleksi satu kemenangan di J.League 2023. Copyright: © J.League
Gamba Osaka, tim yang pernah menjuarai Liga Champions Asia kini dalam kondisi miris lantaran baru mengoleksi satu kemenangan di J.League 2023.

INDOSPORT.COM - Gamba Osaka, tim Jepang yang pernah menjuarai Liga Champions Asia kini dalam kondisi miris lantaran baru mengoleksi satu kemenangan di J.League 2023.

Kesedihan, itu mungkin yang dirasakan oleh Gamba Osaka sepanjang musim ini Meiji Yasuda J1 League 2023.

Dari 13 laga yang sudah mereka jalani, Si Hitam Biru baru meraih satu kemenangan, saat menang 2-0 lawan Kawasaki Frontale pada pekan kedua.

Sisanya, Gamba mendapatkan empat hasil imbang dan delapan kali kalah, baru mendapatkan tujuh poin musim ini dan jadi juru kunci sementara Liga Jepang.

Lini belakang jadi salah satu kelemahan mereka musim ini. Gamba sudah kebobolan 28 gol musim ini, yang terburuk kedua hanya "menang" dari Yokohama FC yang sudah kebobolan 30 kali.

Lini depan juga tak bisa dibilang apik dengan baru mencetak 13 gol, alias rataan satu gol per laga, jadi tim terburuk keempat soal catatan gol musim ini.

Kondisi tersebut jelas menyedihkan, mengingat Gamba Osaka merupakan salah satu tim yang punya prestasi mentereng dalam sejarah sepak bola Jepang.

Sejak terbentuk pada 1980 silam, Gamba Osaka pernah merasakan dua gelar juara J.League (2005 dan 2014), lima gelar Emperor’s Cup, dan dua kali J.League Cups.

Tak hanya di kancah domestik, Gamba Osaka juga punya prestasi mentereng di internasional dengan menjuarai Liga Champions Asia pada 2008 lalu.

Saat itu, Gamba Osaka berhasil merengkuh gelar juara Liga Champions Asia 2008 usai melibas wakil Australia, Adelaide United dengan agregat 5-0.