Liga Indonesia

Terungkap, Faktor yang Membuat Arema FC Tak Lolos Lisensi Klub AFC

Sabtu, 20 Mei 2023 16:28 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© Ian Setiawan/Indosport.com
General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport.com
General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi.

INDOSPORT.COM - Untuk pertama kali sejak 2017, Arema FC dinyatakan tak lolos dalam penilaian AFC Club License atau lisensi klub sepak bola dari federasi sepak bola Asia.

Sebagaimana diketahui, penilaian itu dirilis AFC dan PSSI di Jakarta pada Rabu (17/05/23). Dalam 2 kompetisi AFC, klub berlogo kepala singa tak lolos dua-duanya.

Enam klub dinyatakan lolos dalam lisensi untuk berkompetisi di Liga Champions Asia. Yaitu Persija Jakarta, Bali United, Madura United, Borneo FC, PSM Makassar dan Persebaya.

Sementara ada 6 klub tersebut juga dinyatakan lolos dalam penilaian lisensi untuk turun dalam kompetisi AFC Cup. Satu klub lagi adalah Persib Bandung.

Bagi Arema FC, jelas ini merupakan penurunan prestasi. Pasalnya, tim berjulukan Singo Edan konsisten mengikuti AFC Club License dan lolos di setiap musimnya.

Namun pada edisi 2023, Arema FC tak lagi memegang lisensi itu. Versi klub, ada sejumlah kendala yang membuat mereka tak lolos.

"Kenapa tidak lolos lisensi? Karena memang tidak memasukkan (stadion sebagai) home base," ucap General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi.

Stadion tempat pertandingan, memang menjadi syarat utama dalam penilaian untuk aspek infrastruktur klub yang didaftarkan kepada AFC.

Infrastruktur merupakan satu dari 5 aspek penilaian AFC. Aspek lainnya adalah legal atau badan hukum klub dan finansial (keuangan klub).

Sedangkan aspek berikutnya adalah supporting yang terdiri dari pembentukan tim-tim usia muda dan akademi, beserta personal dan administrasi di internal klub.