In-depth

Gabung Madura United, Jacob Mahler Jadi Bek Singapura Ke-4 di Liga Indonesia

Senin, 22 Mei 2023 21:05 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Baihakki Khaizan (Singapura) saat melakukan selebrasi. Copyright: © Getty Images
Baihakki Khaizan (Singapura) saat melakukan selebrasi.

INDOSPORT.COM - Madura United sejauh ini menjadi klub asal Jawa Timur pertama yang mengumumkan pemain asing khusus dari federasi sepak bola Asia Tenggara atau ASEAN.

Diketahui, klub berjulukan Laskar Sapeh Kerrab telah merekrut bek berkebangsaan Singapura, Jacob William Mahler, untuk mengisi slot tersebut.

Pemain berusia 23 tahun yang lahir di Denmark itu ditebus dari Young Lions FC. Dia merupakan aset masa depan timnas Singapura, sejak level junior hingga senior.

Jacob Mahler pun menjadi pemain pertama asal Singapura yang kembali mewarnai Liga Indonesia dalam sedekade terakhir, atau keempat di pos bek sepanjang sejarah.

Berikut INDOSPORT menyajikan tiga bek asal Singapura yang tercatat dalam sejarah sepak bola Indonesia. Dua di antaranya adalah eks andalan Persib Bandung dan Persija Jakarta.

1. Baihakki Khaizan

Baihakki menjadi angkatan pertama gerbong Singapura yang berkarier di Liga Indonesia, tepatnya ketika kompetisi ISL menerapkan format baru untuk pemain asing edisi 2009-2010.

Dia mendarat di Persija Jakarta pada usia 25 tahun, bersama dengan rekan setimnya di timnas Singapura, Mustafic Fachrudin. Namun, kariernya tidak berlangsung lama.

Baihakki hanya semusim membela Persija. Prestasinya hanya mengantarkan kubu Macan Kemayoran finis di 5 besar klasemen ISL yang dipuncaki Arema Indonesia.

Kendati singkat, perannya sangat penting di lini pertahanan Persija. Dalam catatan Soccerway, Baihakki Khaizan tampil 30 kali sepanjang kompetisi ISL.

Dia kemudian memutuskan hijrah ke Persib Bandung pada awal musim 2010-2011. Hanya bertahan setengah putaran, Baihakki kemudian menyeberang ke kompetisi LPI membela Medan Chiefs.