Liga Indonesia

Ada Rumor Timnas Indonesia vs Argentina Main di Manahan, Menpora Buka Suara

Selasa, 23 Mei 2023 20:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Tanggapan Menpora Dito Ariotedjo soal Timnas Indonesia vs Argentina dan rumor main di manahan solo. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Tanggapan Menpora Dito Ariotedjo soal Timnas Indonesia vs Argentina dan rumor main di manahan solo.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia dijadwalkan melawan Argentina dalam agenda FIFA Matchday, 19 Juni mendatang. Kabar itu telah dikonfirmasi federasi sepak bola Argentina (AFA) melalui laman resminya pada Senin (22/5/23).

AFA menjelaskan, Lionel Messi dkk. akan melakukan tur Asia, mulai dari melawan Australia di China (15 Juni), dan selanjutnya baru menyambangi Indonesia pada 19 Juni.

AFA menyebut, laga kontra skuat Garuda akan dimainkan di Jakarta. Tapi, untuk stadion yang dipakai belum ditentukan karena menunggu kepastian dari PSSI.

Sementara itu, pihak PSSI hingga saat ini belum mengeluarkan pernyataan resmi, baik soal kepastian jadwal dan stadion yang dipakai.

Soal venue laga melawan Argentina, sempat beredar isu Stadion Manahan Solo jadi salah satu kandidat. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, telah menyatakan siap menjadi tuan rumah.

Namun, kabar tersebut disanggah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo. Dia menjelaskan, Manahan memang disiapkan untuk FIFA matchday, tapi belum tentu untuk menjamu Argentina pada 19 Juni nanti.

Dikatakan Menpora, semua keputusan soal FIFA matchday berada di tangan PSSI. Pasalnya, federasi yang punya hajatan tersebut dan Kemenpora siap mendukung sepenuhnya.

"Soal lawan Argentina, kami menunggu informasi resmi dari federasi sepak bola, PSSI, kita tak mau asumsi," kata Dito Ariotedjo, Selasa (23/5/23).

"Soal Manahan, bukan untuk lawan Argentina, tapi kemarin Pak Erick Thohir sudah menyampaikan dan mendorong untuk dipakai FIFA matchday arena ada beberapa tim dari berbagai negara."

"Jadi, mencoba mengoptimalkan stadion yang sudah dipersiapkan kemarin untuk Piala Dunia U-20 itu bisa digunakan FIFA matchday salah satunya Manahan Solo," jelasnya.