In-depth

Mengenal Jeong Kwang-sik, Striker Korea Selatan yang Sempat Hiasi Lini Depan Persija

Kamis, 25 Mei 2023 13:47 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Striker asal Korea Selatan yang pernah perkuat Persija Jakarta, Jeong Kwang-sik. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Striker asal Korea Selatan yang pernah perkuat Persija Jakarta, Jeong Kwang-sik.

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta tenyata pernah punya striker asal Korea Selatan yakni Jeong Kwang-sik. Dia didatangkan pada putaran kedua Indonesian Super League (ISL) 2012 lalu.

Saat didatangkan, Kwang-sik berusia 27 tahun. Ia diproyeksikan memperkuat lini serang bersama Robertino Pugliara, Pedro Javier dan Bambang Pamungkas.

CV-nya tak main-main karena dia pernah memperkuat Nagoya Bank FC (Jepang) dan Brisbane City FC (Australia). Pemain bertinggi 1,79 cm itu juga pemain serba bisa karena berperan sebagai gelandang serang, winger, striker bahkan bek tengah.

"Saya sangat senang bisa gabung dengan Persija karena Persija tim besar di Indonesia. Saya akan memberikan kemampuan terbaik saya. Apalagi ini pengalaman pertama saya di Indonesia," ucap Kwang-sik dalam rilis Persija kala itu.

"Dengan fisik yang bagus, saya siap untuk mencetak gol. Semoga, pemain yang ada di Persija dapat membantu saya mencetak gol," janji pemain kelahiran Korea, 12 Juli 1985.

Kwang-sik memang berhasil tembus skuad utama Persija dan mainkan 17 pertandingan. Sayang catatan golnya sebagai seorang striker tidak sesuai harapan karena hanya lesakan dua gol. 

Di akhir musim, Persija memilih tidak perpanjang kontrak Kwang-sik. Sempat tanpa klub, ia kemudian bergabung dengan klub Thailand, Chamcuri United pada tahun 2015.

Meski cuma setengah semusim, Kwang-sik menyatakan bangga pernah jadi bagian Macan Kemayoran. Itu sempat disampaikannya lewat Instagram-nya, @mingu.jeong998, pada Jumat (26/05/17) lalu.

"Terima kasih Persija atas penandatanganan kontrak pemain Asia yang pertama pada tahun 2012. Saya sangat bahagia ketika di Jakarta," tulis Kwang-sik.

Dia juga merindukan dukungan dan sambutan hangat dari The Jakmania. Mantan pemain Brisbane City itu mengatakan suporter Persija adalah yang terbaik.