Liga Indonesia

Demi Tunjang Strategi Thomas Doll, Persija Jakarta Mulai Genjot Latihan Fisik

Jumat, 26 Mei 2023 18:00 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Laga Liga 1 antara Persija Jakarta vs PSS Sleman di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Sabtu (15/04/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Laga Liga 1 antara Persija Jakarta vs PSS Sleman di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Sabtu (15/04/23).

INDOSPORT.COM – Pemain Persija Jakarta kembali menjalani latihan fisik lanjutan gua mematangkan persiapan jelang Liga 1 2023/2024.

Berlatih di Nirwana Park, Bojongsari, Depok, pada Kamis (25/05/23), skuat Macan Kemayoran melakoni tes Maximum Aerobic Speed (MAS) yang bertujuan untuk mengetahui secara akurat daya tahan tubuh para pemain.

Sebelumnya, tes fisik telah dilakukan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta Timur, secara bergantian pada 22-24 Mei 2023.

Resky Fandi dan kolega menjalani tes body compotition, vertical jump, dan VO2Max. Tes body compotition dijalani untuk mengetahui kadar lemak yang ada di tubuh pemain.

Sementara vertical jump, bertujuan untuk mengetahui kekuatan tungkai kedua kaki. Lalu VO2Max bertujuan untuk mengetahui kapasitas paru-paru pemain.

“Seluruh hasil tes fisik dan medis akan menjadi acuan bagi pelatih untuk membuat program latihan nantinya,” ungkap Ilham Ralibi, pelatih fisik Persija Jakarta.

“Kami tim pelatih berharap bisa membuat program yang tepat agar level kebugaraan fisik para pemain meningkat dari musim sebelumnya. Yang pasti harus bisa menunjang strategi yang diterapkan oleh pelatih (Thomas Doll),” sambungnya.

Lebih lanjut, Ilham menuturkan bahwa dilihat dari gambaran awal yang didapat, ia menilai para pemain Persija Jakarta memiliki kebugaran fisik yang baik.

Ilham juga mengatakan bahwa hal tersebut tentunya menjadi modal berharga dalam menapaki persiapan menuju Liga 1 2023/2024.

Di sisi lain, bek sayap Persija Jakarta, mengaku bahwa meski dirinya sedang mendapat jatah libur, tetapi dirinya tetap tak lepas untuk berlatih.

“Selama liburan tetap menjalani latihan dan menjaga asupan makanan. Jadi, saya tidak kaget dalam menjalani rangkaian tes di saat ini,” ujar Firza Andika.