In-depth

3 Peran Penting Jonathan Bustos untuk PSS Sleman

Jumat, 26 Mei 2023 10:51 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© PSS Sleman
Jonathan Bustos jalani latihan perdana bersama PSS Sleman. (Foto: PSS Sleman) Copyright: © PSS Sleman
Jonathan Bustos jalani latihan perdana bersama PSS Sleman. (Foto: PSS Sleman)

INDOSPORT.COM - Keberhasilan PSS Sleman merekrut Jonathan Bustos bisa menjadi kunci dari kesuksesan pada kompetisi Liga 1 2023-2024. Ada tiga peran penting yang bisa dimainkan Bustos di tim besutan Marian Mihail.

Bustos secara mengejutkan mengakhiri kebersamaan dengan Borneo FC setelah dua musim yang bagus. Bustos konsisten menjadi pilihan utama meski nahkoda tim silih berganti dalam dua musim tersebut.

PSS Sleman pada akhirnya menjadi pelabuhan baru bagi Bustos. Pengumuman yang dilakukan PSS mengakhiri kencangnya rumor Bustos bakal gabung tim papan atas Liga 1, Persija Jakarta.

Bustos didatangkan untuk mengisi pos yang sebelumnya ditempati Jonathan Cantillana. Gelandang asal Argentina ini menjadi senjata baru dalam upaya membidik prestasi pada Liga 1 2023-2024.

Ada tiga kelebihan Bustos yang membuat perannya akan begitu penting bagi PSS Sleman. Berikut ini tiga hal yang dirangkum INDOSPORT.com berdasarkan statistiknya pada Liga 1 2022-2023.

1. Penyuplai Bola Yevhen

Salah satu kekurangan PSS Sleman pada musim 2022-2023 adalah minimnya bola matang untuk Yevhen Bokhashvili. Padahal, Yevhen merupakan penyerang murni yang butuh operan rekannya untuk mencetak gol.

Bustos bisa menjadi solusi atas hal ini. Bustos tak sekadar dikenal karena kemampuannya dalam mengendalikan ritme permainan.

Bustos juga seorang pengumpan yang handal. Catatan sembilan assist dalam 28 pertandingan di Liga 1 2022-2023 cukup menggambarkan betapa hebatnya umpan-umpan matang Bustos.

Jika kemampuan ini bisa dimaksimalkan di PSS Sleman, maka Yevhen tak perlu susah payah mencari bola lagi. Dia tinggal menunggu bola matang untuk diselesaikan dengan kaki serta kepalanya.

Keduanya masih memiliki waktu sekitar 35 hari untuk membentuk chemistry. Ada enam uji coba yang sedianya akan digelar PSS menuju kompetisi 1 Juli 2023 mendatang.