Liga Indonesia

Resmi! Persija Datangkan Playmaker Asal Jepang, Ryo Matsumura di Liga 1 23/24

Jumat, 26 Mei 2023 21:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© Persis Solo
Selebrasi winger Persis Solo, Ryo Matsumura usai mencetak gol ke gawang Arema FC, BRI Liga 1 di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (11/12/22). (Foto: Persis Solo) Copyright: © Persis Solo
Selebrasi winger Persis Solo, Ryo Matsumura usai mencetak gol ke gawang Arema FC, BRI Liga 1 di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (11/12/22). (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta secara resmi memperkenalkan pemain baru untuk Liga 1 2023/24. Sosok yang datang adalah Ryo Matsumura untuk mengisi slot pemain Asia.

Ryo Matsumura menjadi pemain ketiga yang didatangkan Persija sejauh ini. Gelandang serang asal Jepang itu akan berseragam 'merah' selama tiga tahun ke depan.

Pemain 28 tahun itu mengungkapkan kegembiraannya setelah resmi berseragam Persija. Ryo tak sabar beraksi di depan The Jakmania yang terkenal militan saat mendukung langsung di stadion.

“Saya sangat senang menjadi bagian Persija dan menyenangkan rasanya bisa bermain sepak bola di depan Jakmania,” ucapnya.

Ryo akan menggunakan nomor punggung tujuh di Persija. Dia berjanji memberikan penampilan yang terbaik untuk tim Macan Kemayoran.

“Saya akan melakukan yang terbaik untuk meraih gelar juara Liga 1 bersama Persija di musim mendatang,” tuturnya.

Ryo menghabiskan enam tahun karier profesional pertamanya di tanah kelahirannya, Jepang. Selama periode tersebut, ia bermain untuk beberapa klub, yaitu Vissel Kobe, Tochigi SC, Tokushima Vortis, dan Nagano Parceiro.

Sejak 2018, Ryo mencoba peruntungan di luar Jepang. Thailand menjadi negara pilihan Ryo untuk melanjutkan kariernya. Di Liga 2 Thailand itu ia bermain di Rayong FC.

Tampil apik dengan Rayong, Ryo mendapat tawaran dari Chiangmai FC. Sukses bermain di dua klub Liga 2 Thailand membuat pemain kelahiran Kyoto, Jepang 28 tahun yang lalu itu diminati klub Liga 1 Thailand, BG Pathum United.

Bersama BG Pathum United, Ryo turut menyumbangkan satu gelar Thailand Champions Cup. Kemudian dirinya dipinjamkan ke Police Tero FC.