Liga Indonesia

Liga 1: Fisik Pemain Masih Kendor, Arema FC Hidupkan Lagi Tradisi 'Siksaan Pantai'

Sabtu, 27 Mei 2023 19:22 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© MO Arema FC
Arema FC gelar tradisi rutin latihan di pantai. Copyright: © MO Arema FC
Arema FC gelar tradisi rutin latihan di pantai.

INDOSPORT.COM - Arema FC terus mematangkan diri dalam persiapan menatap kick-off Liga 1 Indonesia 2023-2024 yang akan bergulir sekitar sebulan lagi.

Klub berlogo kepala singa lantas mengejar target untuk mencapai level kebugaran terbaik saat kompetisi dimulai dengan cara menggenjot fisik pemain.

Tim pelatih Arema FC yang dipimpin Joko Susilo, pengganti I Putu Gede yang sedang melanjutkan kursus lisensi AFC Pro, lantas memilih Pantai Ngantep, Sabtu (27/5/23). 

Selama tiga jam, Jayus Hariono dkk. berpeluh keringat di tengah deburan ombak besar salah satu kawasan wisata pantai andalan di Kabupaten Malang itu.

"Latihan fisik ini menitikberatkan pada speed endurance (kecepatan dan ketahanan)," ucap Joko Susilo kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT pasca-memimpin sesi latihan.

Program ini memang dinilai perlu ditempuh lantaran waktu menuju kick-off kompetisi semakin mepet. Setidaknya, ada sebulan lagi untuk persiapan.

"Selama Mei, program disusun tim pelatih untuk untuk fokus meningkatkan kebugaran fisik pemain. Agar saat Juni, ada tambahan dengan beberapa uji coba," cetusnya.

Dari sejumlah evaluasi yang dilakukan tim pelatih, skuat Arema FC memang belum mencapai level kebugaran fisik terbaik memasuki masa pramusim di Juni.

Pasalnya, program latihan tim baru dimulai awal Mei, sehingga butuh setidaknya sebulan untuk mengembalilan level kebugaran fisik sesuai standar kompetisi.

"Berdasarkan pengalaman saya sebagai pemain dulu, kemungkinan level kebugaran pemain saat ini sudah 60 persen. Tinggal meningkatkan lagi selama Juni nanti," beber Joko Susilo.