In-depth

Dari Park Hang-seo Sampai Penakluk Argentina, 4 Pengganti Pantas Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Sabtu, 27 Mei 2023 22:33 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kabar yang cukup mengejutkan datang dari pelatih timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong soal masa depannya. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kabar yang cukup mengejutkan datang dari pelatih timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong soal masa depannya.

INDOSPORT.COM - Kabar yang cukup mengejutkan datang dari pelatih timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong soal masa depannya.

Ia memberi isyarat jika Piala Asia 2023 yang akan digelar pada Januari tahun depan bisa menjadi turnamen terakhirnya bersama Tim Garuda.

Kontrak yang ditandatanganinya bersama PSSI sejak 2020 lalu memang berdurasi tiga tahun dan hingga kini belum ada tanda dari pihak federasi untuk memperpanjang masa kerja sama.

Informasi dari Erick Thohir selaku ketua umum PSSI mengungkapkan jika ada opsi untuk memperbarui deal dengan Shin Tae-yong namun hanya dengan syarat tertentu.

Salah satunya adalah tampil baik di Piala Asia 2023. Bukan target yang mudah dicapai mengingat di fase grup timnas Indonesia sudah harus menghadapi Jepang, Irak, dan juga Vietnam.

Memang sejauh ini meski diserahi tugas untuk menukangi empat level skuad kebangsaan Shin Tae-yong belum punya prestasi dalam bentuk trofi.

Bersama timnas Indonesia senior paling banter ia baru bisa mempersembahkan status runner-up di Piala AFF 2020. Capaian serupa juga diraih mantan juru latih Korea Selatan itu saat memimpin skuad timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Akan tetapi bukan berarti Shin Tae-yong dapat dianggap gagal menjalankan amanat PSSI. Pria 52 tahun itu selalu menunjukkan dedikasi tinggi dan sukses menanamkan filosofi permainan yang jelas ke berbagai jenjang Merah-Putih.

Alhasil timnas Indonesia senior diantarkannya lolos ke Piala Asia untuk kali pertama sejak 2007. Tiket ke Piala Asia U-20 juga ia berikan pada adik-adik yang tergabung dalam tim U-20.

Maka dari itu sebenarnya Shin Tae-yong sangat pantas untuk diberi perpanjangan kontrak. Hanya saja keputusan tetap berada di tangan PSSI dan jikapun harus diganti maka calon pengganti berikut ini layak untuk diperhitungkan.