Liga Indonesia

Profil Nabil Asyura, Pembobol Gawang Arsenal yang Masih Belum Punya Klub Liga 1

Sabtu, 27 Mei 2023 12:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Profil pesepak bola muda Indonesia, Muhammad Nabil Asyura yang pernah membobol gawang Arsenal, tetapi sampai kini ia belum dikontrak klub Liga 1. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Profil pesepak bola muda Indonesia, Muhammad Nabil Asyura yang pernah membobol gawang Arsenal, tetapi sampai kini ia belum dikontrak klub Liga 1.

INDOSPORT.COM - Profil pesepak bola muda Indonesia, Muhammad Nabil Asyura yang pernah membobol gawang Arsenal, tetapi sampai kini ia belum dikontrak klub Liga 1.

Nabil Asyura merupakan pemain jebolan Timnas Indonesia U-16 binaan Bima Sakti. Beberapa waktu lalu, pesepak bola asal Sumatera itu lolos seleksi Garuda Select 5.

Selain membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 di Yogyakarta, Nabil Asyura juga membawa PSP Padang melaju ke semifinal Piala Soeratin U-15.

Hal ini yang membuat talent scouting tim Garuda Select berani merekrutnya, dan memercayakan lini depan pada sang pemain kelahiran Payakumbuh itu.

Nabil Asyura kemudian bermain di Inggris dan Italia, dalam program Garuda Select 5. Siapa sangka, pemain kelahiran 2 Juli 2006 itu menjadi top skorer di benua Eropa.

Nabil Asyura mencetak 8 gol dan 3 assist selama memperkuat Garuda Select 5 di musim pertamanya, unggul atas M. Rafly Selang (5 gol) dan Givary Lotra (4 gol).

Salah satu yang paling berkesan bagi Nabil Asyura adalah ketika ia berhasil mencetak gol ke gawang Arsenal, dan menaklukkan Young Gunners dengan skor telak 3-0.

"Senang sekali bisa mencetak gol melawan Arsenal. Mereka merupakan salah satu tim akademi terbaik di Inggris dan dunia," kata Nabil Asyura dalam laman Garuda Select.

"Bangga sekali bisa mencetak gol. Ini jadi salah satu momen terbaik saya selama bermain sepak bola," kata penyerang berusia 16 tahun tersebut.

Namun, meski bersinar selama membela Timnas Indonesia U-16 dan Garuda Select 5, sampai saat ini Nabil Asyura belum memiliki klub Liga 1.