In-depth

Liga 1: Rekam Jejak 3 Rekrutan Mewah Bali United, Yakinkan Keziah Veendorp?

Rabu, 31 Mei 2023 20:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© ¬©UEFA.com
Keziah Veendorp saat mendapat penghargaan Copyright: © ¬©UEFA.com
Keziah Veendorp saat mendapat penghargaan

INDOSPORT.COM - Bali United kini sedang dirumorkan dekat dengan palang pintu eks timnas Belanda U-17, Keziah Veendorp. Cukup sulit dipercaya, namun rekam jejak perekrutan mewah ini membuat kansnya merapat sangat memungkinkan.

Bali United belum mengumumkan bek asing yang akan menjadi pilar pada musim 2023-2024. Sosok ini diyakini merupakan pemain yang belum pernah bermain di Liga Indonesia.

Sosok yang kini digosipkan bakal merapat adalah Keziah Veendorp. Pemain yang satu agen dengan Melvin Platje ini baru saja tampil bagus di Liga Belanda 2022-2023.

Di FC Emmen, Veendorp tampil dalam 33 pertandingan, selalu starter, dan hanya lima kali diganti. Sayangnya, Emmen mengakhiri musim di peringkat 16 dan harus berjuang pada babak playoff agar tak terdegradasi.

Dalam situasi tim Emmen yang mengkhawatirkan, muncul rumor Veendorp bakal gabung Bali United. Kebetulan, posisinya memang cocok dengan kebutuhan tim Bali United.

Namun jika melihat catatan bermain yang tinggi bersama FC Emmen, sulit dipercaya jika bek berusia 26 tahun ini akan ke Indonesia. Tapi, yang harus diingat adalah sejarah perekrutan pemain Bali United.

Berikut tiga aktivitas transfer gila yang pernah dilakukan Bali United. Jika ketiganya bisa bermain di Indonesia, rasanya Keziah Veendorp juga mungkin akan terbang ke tempat spesialnya.

1. Nick van der Velden

Nick van der Velden bukan sosok biasa di Belanda. Dia merupakan salah satu pemain yang cukup dikenal di negara asalnya karena pernah sukses bersama AZ Alkmaar.

Nick menjadi bagian dari pasukan Louis van Gaal menjuarai Liga Belanda 2008-2009. Lalu, pada musim berikutnya, Nick bersama AZ Alkmaar meraih gelar Super Cup.

Dua gelar itu membuat nama Nick cukup berkibar. Makanya, Nick rutin menjadi bagian penting dari klub yang dibelanya setelah meninggalkan AZ Alkmaar. Mulai dari NEC Nijmegen, Groningen hingga Willem II.

Dalam perjalanan itu, lagi-lagi Nick van der Velden merasakan satu gelar. Gelar KNVB Beker musim 2014/2015 ia rasakan ketika berseragam Groningen.

Setelah periode hebat di liga teratas Belanda, Nick punya rencana mengakhiri musim di Skotlandia bersama tim Dundee United. Di tim tersebut, dia sempat merasakan gelar Challenge Cup musim 2016/2017.

Namun takdir berkata lain. Pada faktanya dia menerima pinangan Bali United untuk bermain selama dua musim pada 2017-2018. Total, Nick tampil 58 kali dan mengoleksi tujuh gol dalam dua musim tersebut.

Setelah pulang ke Belanda, Nick van der Velden dalam acara Veronica Inside pada 2019 lalu membuat pengakuan mengejutkan.

Gaji bersih yang dia terima selama bekerja di Bali United merupakan yang terbesar sepanjang kareir, bahkan lebih besar dari AZ Alkmaar.