Liga Europa

Road to Final Liga Europa: AS Roma, Jose Mourinho Sang Spesialis Trofi

Rabu, 31 Mei 2023 13:05 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Lisi Niesner
Simak perjalanan AS Roma dari fase grup hingga final Liga Europa yang turut tersaji Jose Mourinho, sang spesialis trofi. Copyright: © REUTERS/Lisi Niesner
Simak perjalanan AS Roma dari fase grup hingga final Liga Europa yang turut tersaji Jose Mourinho, sang spesialis trofi.

INDOSPORT.COM - Simak perjalanan AS Roma dari fase grup hingga final Liga Europa yang turut tersaji Jose Mourinho, sang spesialis trofi.

Jose Mourinho memang layak disebut sebagai sang spesialis trofi di mana pria berjuluk The Special One itu kerap kali memenangi trofi di final.

Eks manajer Manchester United itu bahkan juga memenangi trofi UECL bersama AS Roma pada musim 2021/2022 yang menjadi trofi terakhir yang dimenangi Giallorossi musim lalu.

Giallorossi bahkan juga berpeluang menambah koleksi trofi lagi ketika masuk ke final Liga Europa kontra Sevilla pada Kamis (1/6/23) pukul 02.00 WIB.

Lantas bagaimana perjalanan AS Roma dari fase grup hingga bisa melangkah ke final Liga Europa musim 2022/2023 ini? Simak ulasannya berikut ini.

AS Roma tergabung di Grup C bersama Real Betis, Ludogorets, dan HJK dan berhasil meraih tiga kemenangan, sekali hasil imbang, dan dua kali kalah.

Dengan hasil tersebut, Nemanja Matic cs finis di peringkat kedua dan harus menjalani babak kualifikasi Liga Europa terlebih dulu demi menyegel tempat di 16 besar.

Perjalanan AS Roma di babak kualifikasi Liga Europa juga terbilang tidak mudah. Pasukan Jose Mourinho tertinggal 0-1 duluan gara-gara aksi Nicolas Capaldo (88’) di leg pertama kontra Red Bull Salzburg.

Bertanding di markas sendiri di Stadion Olimpico, AS Roma mampu membalas 2-0 di leg kedua kontra Red Bull Salzburg lewat gol yang dilesatkan oleh Andrea Belotti (33’) dan Paulo Dybala pada menit ke-40.

Selanjutnya, AS Roma menghadapi adangan dari klub Liga Spanyol, Real Sociedad, di babak 16 besar Liga Europa.