Bola Internasional

Naturalisasi ke Timnas Indonesia Tertunda, Kai Boham Malah Resmi Digaet Tim Kasta 2 Belanda

Jumat, 2 Juni 2023 00:44 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain keturunan yang sempat membela timnas Indonesia U-19, Kai Boham, baru saja meresmikan trasfernya ke SC Telstar pada Kamis (01/06/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain keturunan yang sempat membela timnas Indonesia U-19, Kai Boham, baru saja meresmikan trasfernya ke SC Telstar pada Kamis (01/06/23).

INDOSPORT.COM - Pemain keturunan yang sempat membela timnas Indonesia U-19, Kai Boham, baru saja meresmikan trasfernya ke SC Telstar pada Kamis (01/06/23).

Defender 19 tahun berdarah Belanda tersebut meninggalkan akademi Almere City FC dengan alasan siap mencari tantangan baru.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kai Davy Boham (@kaiboham)

Empat tahun lamanya Boham belajar bersama tim muda Almere sebelum memutuskan berbaju Telstar. Kemungkinan besar ia diberi kesempatan untuk bersaing di skuat senior musim depan yang berlaga di divisi dua Belanda atau Eerste Divisie.

Tidak diketahui berapa harga yang harus Telstar bayarkan tetapi bisa jadi transfer ini dirampungkan secara cuma-cuma alias gratis usai kontrak sang wonderkid habis bersama Almere.

Pada musim 2023/2024 mendatang Boham akan dihadapkan dengan target untuk membantu klub barunya untuk promosi ke kasta teratas yakni Eredivisie.

Sudah lama sekali sejak SC Telstar bermain di level tertinggi yakni pada 1977/78 silam. Seretelahnya mereka selalu berkutat di divisi kedua dan paling banter hanya empat kali menembus play-off promosi.

Telstar sendiri tidak asing soal memiliki pemain blasteran Indonesia dan Belanda. Sebelum Kai Boham, sempat ada Stefano Lilipaly yang merumput di Buko Stadion sejak Agustus 2015 hingga Januari 2017.

Lilipaly yang bergabung setelah sempat bermain kurang lebih setahun di Liga 1 bersama Persija Jakarta mampu menjadi pemain inti bagi Telstar.

Pemain kreatif nan versatile tersebut total bisa mencatatkan 47 penampilan berikut 11 gol dan 8 assist. Pengalaman tersebut membuat Lilipaly kemudian bisa memainkan 29 pertandingan bersama timnas Indonesia dan berbuah tiga gol.

Diharapkan tentunya karier Boham bisa lebih baik lagi ketimbang sang senior yang sudah cukup fenomenal. Tentu akan jauh luar biasa lagi jika nantinya sang bek sentral bisa ikut menjadi bintang naturalisasi bagi Merah-Putih.