Liga Indonesia

Bakal Debut Timnas Indonesia di Kampung Halaman Kakeknya, Sandy Walsh Kegirangan

Kamis, 1 Juni 2023 17:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Sandy Walsh, bek naturalisasi Timnas Indonesia. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Sandy Walsh, bek naturalisasi Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Pemain naturalisasi timnas Indonesia, Sandy Walsh, bakal menjalani debut dalam agenda FIFA matchday edisi Juni 2023. Skuat Garuda akan melawan Palestina (14 Juni) dan Argentina (19 Juni).

Setelah menjalani naturalisasi tahun lalu, Sandy belum sekali pun turun membela timnas Indonesia karena terkendala cedera. Tak berlebihan bila dia sangat antusias.

Laga melawan Palestina dikatakan cukup spesial mengingat Sandy akan bermain di kampung halaman sang kakek, Surabaya, Jawa Timur. Laga tersebut digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

"Saya sudah mendengar kabar dari PSSI terkait FIFA matchday Juni di Surabaya, kampung halaman kakek saya. Saya sangat senang mendengarnya. Semangat, sampai jumpa di sana,” kata Sandy Walsh.

Sandy termasuk satu dari 26 pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk menjalani pemusatan latihan di Surabaya mulai Senin (5/6/23). Dia juga merupakan satu dari tujuh naturalisasi yang diberi kepercayaan.

Saat ini, Sandy Walsh sedang mempersiapkan diri dengan berlatih secara mandiri. Hal itu karena Liga Belgia sudah selesai sejak April lalu dan KV Mechelen selaku klub Sandy meliburkan skuat.

Sandy diketahui sedang berlatih ditemani oleh seorang pelatih pribadi di Marbella, Spanyol. Dia mengaku tidak sabar menjalani debut dengan jersey merah.

Menyoal lawan Argentina pada 19 Juni di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Sandy Walsh sangat antusias. Sebuah kesempatan langka bagi para pemain Indonesia untuk belajar dan memetik pengalaman berharga.

"Melawan Argentina akan menjadi momen spesial. Mereka adalah juara dunia dan peringkat satu dunia. Sungguh pengalaman berharga bagi saya dan tentu skuat Indonesia," pungkas pemain kelahiran 14 Maret 1995 itu.