In-depth

Liga 2 Ada Kuota Asing, 3 Pemain Keturunan Indonesia di Eropa Ini Bisa Jadi Opsi Transfer

Sabtu, 3 Juni 2023 19:35 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Laurens Lindhout/Soccrates/Getty Images
Pemain asal Belanda keturunan Indonesia Joey Pelupessy. Copyright: © Laurens Lindhout/Soccrates/Getty Images
Pemain asal Belanda keturunan Indonesia Joey Pelupessy.

INDOSPORT.COM – Bakal diperbolehkan menggunakan pemain asing musim depan, berikut tiga pemain keturunan di Eropa yang mungkin bisa jadi opsi transfer klub Liga 2 Indonesia.

Jelang bergulirnya kompetisi musim 23/24, gebrakan baru dilakukan PSSI dengan mengubah komposisi pemain buat para peserta Liga 2.

Dalam keputusannya, Erick Thohir selaku Ketum PSSI menyebut bahwa tim Liga 2 musim depan boleh menggunakan pemain asing sebagai amunisi mereka.

Liga 2 disepakati bakal memakai dua pemain asing, dengan rinciannya adalah satu pemain bebas dari negara mana, serta lainnya adalah kuota Asia Tenggara.

Sementara itu, klub Liga 2 juga hanya boleh menggunakan satu pemain naturalisasi saat kompetisi berlangsung.

"Liga 2 sepakatnya ada satu naturalisasi dan 1+1 (Asia tenggara). Ini upaya mereka yang sedang digodok. Ini belum tuntas masih akan ada diskusi antara liga dan klub buat terbitkan aturan agar fairness," ujar Erick Thohir.

Dengan keputusan tersebut, bisa dipastikan bahwa kompetisi Liga 2 musim depan bakal penuh dengan bintang-bintang asing dan berpotensi jadi tontonan baru para penggemar sepak bola Tanah Air.

Meski mendatangkan pemain asing membutuhkan banyak biaya, namun buat tim-tim dengan sokongan dana melimpah tampaknya bukan hal sulit untuk menggaet talenta dari kompetisi luar negeri.

Bahkan mungkin para klub Liga 2 bisa coba merekrut para pemain keturunan Indonesia yang kini sedang merumput di Eropa.

Selain dapat membantu tim untuk promosi, kehadiran pemain keturunan tersebut juga bisa jadi opsi buat Timnas Indonesia ke depannya.

Berkut INDOSPORT coba merangkum, tiga pemain keturunan Indonesia di Eropa yang bisa jadi pilihan transfer klub Liga 2 musim depan: