Liga Indonesia

Liga 1: Peran Istimewa Eko Purdjianto Setelah Resmi Pulang ke PSIS Semarang

Sabtu, 3 Juni 2023 17:47 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© ligaindonesiabaru
Simbol penyerahan pelatih Eko Purjianto dan Fabiano Beltrame Persis Solo sebagai juara Copyright: © ligaindonesiabaru
Simbol penyerahan pelatih Eko Purjianto dan Fabiano Beltrame Persis Solo sebagai juara

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang melanjutkan tradisi memulangkan putra daerah yang pernah berseragam Mahesa Jenar. Eko Purdjianto langsung diberi peran istimewa pada Liga 1 Indonesia 2023-2024.

PSIS dikenal sebagai tim yang tak pernah melupakan mantan pemainnya. Setelah tak menjadi pemain, mereka kerap memanggil nama lawas untuk mengisi slot di staf kepelatihan.

Musim lalu, PSIS memanggil Muhammad Ridwan, Basuki Setyabudi, dan Idrus Gunawan. Ditambah I Komang Putra yang menjabat pelatih kiper.

Kini, PSIS resmi memulangkan Eko Purdjianto. Sosok ini pernah menjadi bagian dari PSIS, mulai dari sebagai pemain periode 2003-2005 hingga menjadi asisten pelatih pada 2010-2013.

Setelah itu, Eko gabung timnas Indonesia U-19 sebelum kemudian cukup lama berada di Bali United. Selama berada di Pulau Dewata, hubungan publik Semarang dengan Eko disebut-sebut pernah renggang.

Pasalnya, ada sejumlah pemain PSIS Semarang yang kemudian terbang ke Bali, seperti Taufik Hidayat, Ahmad Agung Setyabudi, Haudi Abdillah, serta Irfan Jauhari.

Namun, setelah isu tersebut mereda, hubungan PSIS dengan Eko terjalin baik. Sebenarnya, ajakan PSIS sudah diterima Eko saat masih berada di Persis Solo.

Eko baru bisa bergabung pada tahun ini setelah kontraknya bersama Persis Solo resmi berakhir. Dia sudah berpamitan dengan tim pada awal pekan ini di Stadion Sriwedari Solo.

Di PSIS, Eko Purdjianto langsung diberi jabatan ganda. Chief Executive Officer (CEO) klub, Yoyok Sukawi, bergembira atas peresmian ini.

"Alhamdulillah PSIS hari ini mendatangkan putra daerah yang akan mengabdi untuk Semarang. Coach Eko kami datangkan untuk mengisi posisi manager dan asisten pelatih," kata Yoyok Sukawi, Sabtu (3/6/23).