In-depth

Sumbangsih Raksasa Jerman Borussia Monchengladbach untuk Sepak Bola Indonesia

Sabtu, 3 Juni 2023 20:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Borussia Academy Indonesia. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Borussia Academy Indonesia.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Jerman (Bundesliga), Borussia Monchengladbach, meresmikan akademinya di Indonesia, Sabtu (3/6/23), bertempat di German School BSD. Akademi ini mengusung visi-misi membangun sekaligus memajukan sepak bola grassroot di Tanah Air.

Akademi tersebut bernama Borussia Academy Indonesia dan dilatih bawah arahan pelatih yang datang langsung dari Borussia Monchengladbach.

Borussia Academy Indonesia merupakan akademi non-profit yang memiliki visi mulia. Tujuannya adalah mengembangkan bibit pemain muda agar kelak bisa jadi atlet sepak bola profesional.

"Kita akhirnya akan start 12 Juni bertempat di BSD, kita bisa melatih dengan adaptasi filosofi dari Jerman dan Indonesia," tutur Founder Borussia Academy Indonesia, Saras Desch.

Dikatakan Saras, sudah ada beberapa klub Eropa yang membuka akademi di Indonesia seperti Arsenal, Chelsea, Real Madrid, tapi Borussia Academy berbeda.

Borussia Academy memang terbuka untuk umum, tapi juga akan memberikan beasiswa untuk murid potensial dari kalangan kurang mampu. Mereka tak berorientasi pada uang semata.

"Kita tau ada beberapa klub lain di Indonesia, tapi yang membedakan adalah filosofi kami adalah semua anak bisa bermain bola. Jadi sepak bola harus bisa diakses semua pihak," tutur Saras.

"Kami juga kerja sama dengan anak-anak kurang mampu, kami ada misi bangun sepak bola Indonesia dengan berikan latihan ke anak-anak yang kurang mampu dan kesempatan untuk nanti jenjang karir ke depan," imbuhnya.

"Kita terbuka akademi untuk umum, ada program beasiswa untuk beberapa anak, kita kerja sama dengan yayasan," tambah wanita cantik itu.

Kurikulum Monchengladbach

Para pelatih di Borussia Academy langsung dari Jerman. Semua kurikulum latihan dan guideline dari Borussia Monchengladbach dan tinggal diaplikasikan dengan kondisi di Indonesia.

Di masa depan, Borussia Academy akan mengirim pemain muda potensial untuk trial di Borussia Monchengladbach. Lalu tim utama yang bermain di Bundesliga diundang untuk datang dan bertanding di Tanah Air.

"Ke depan kita akan lihat bibit yang potensial yang mudah-mudahan kita bisa kirim untuk trial ke Borussia," ucap Saras Desch. 

"Tak menutup kemungkinan kami akan datangkan klub dan pemain profesional dari Gladbach ke Indonesia untuk uji coba. Kami bisa kerja sama dengan pssi koni bikin turnamen atau sparing antara klub Indonesia," cetusnya.