Liga Indonesia

Erick Thohir: Pemain Timnas U-20 dan U-22 yang Tak Punya Klub Akan Main di Bhayangkara FC

Selasa, 6 Juni 2023 19:41 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Ammara Marthiara/Indosport.com
Penyambutan Timnas Indonesia U-22 di VIP Barat Stadion Utama GBK,  Jumat (19/05/23). Copyright: © Ammara Marthiara/Indosport.com
Penyambutan Timnas Indonesia U-22 di VIP Barat Stadion Utama GBK, Jumat (19/05/23).

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan punya rencana untuk menitipkan pemain Timnas Indonesia U-20 dan U-22 yang belum punya klub ke peserta Liga 1 2023, Bhayangkara FC.

Keputusan itu diambil untuk memberikan jam terbang ke pemain. Pasalnya, Ketum PSSI menilai para pemain tersebut jadi bagian dari rencana jangka panjang membangun Timnas senior yang kuat. 

"Pemain U-20 hingga U-22 yang belum memiliki klub akan masuk ke klub Bhayangkara FC sebagai keberlanjutan tim nasional muda," ujar Erick Thohir

Akan tetapi, jika melihat skuad Timnas U-20 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 yang batal bermain, semua pemainnya telah memiliki kontrak profesional dengan klub lokal maupun luar negeri.

Begitu pula dengan skuad Timnas U-22 yang belum lama ini meraih medali emas SEA Games 2023. Semuanya adalah langganan starting XI di klubnya masing-masing.

Khusus dari Timnas U-22, memang ada nama Ramadhan Sananta yang sedang dalam posisi bebas transfer usai kontraknya dengan PSM Makassar berakhir pada 31 Maret 2023. Tapi, dia sudah terlihat latihan bersama klub Liga 1 lainnya, Persis Solo dan tinggal diumumkan.

Bhayangkara FC jadi tempat 'penitipan' mengingat manajer Timnas Indonesia, Sumardji adalah salah satu petinggi di The Guardian. Dia menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO).