Liga Indonesia

Liga 1: Made Wirawan Pensiun, Persib Bandung Tutup Peluang Rekrut Kiper Baru

Sabtu, 10 Juni 2023 18:52 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih kiper Persib, Luizinho Passos, memberikan arahan kepada pemainnya. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih kiper Persib, Luizinho Passos, memberikan arahan kepada pemainnya.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung kemungkinan besar tidak akan merekrut kiper anyar dalam bursa transfer pemain untuk kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Menurut pelatih penjaga gawang Persib, Luizinho Passos, hingga saat ini tidak ada rencana untuk merekrut kiper anyar dari klub lain. Pasalnya, kiper yang ada di skuad Maung Bandung menunjukkan perkembangan.

"Tidak, saya tidak berpikir tentang itu (mendatangkan kiper baru)," kata mantan pelatih kiper Borneo FC ini.

"Saya sangat senang dengan kiper yang ada di sini dan saya rasa memang butuh progres selalu. Tapi saya tidak berpikir untuk membawa kiper (baru)," jelasnya.

Pada Liga 1 2022-2023, Persib memiliki empat penjaga gawang, namun setelah berakhirnya musim tersebut I Made Wirawan memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepak bola profesional.

Meski Made telah pensiun, namun untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, komposisi penjaga gawang di skuad Maung Bandung hingga saat ini tetap ada empat kiper.

Pasalnya, Satrio Azhar menjadi salah satu penjaga gawang yang disiapkan oleh tim kebanggaan Bobotoh untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Selain Satrio Azhar, Persib memiliki tiga penjaga gawang lagi yakni Teja Paku Alam, Fitrul Dwi Rustapa, dan Reky Rahayu. Ketiganya, sudah berada di tim pada kompetisi musim lalu.

Kemudian, Passos berencana untuk memanggil dua penjaga gawang dari Akademi maupun Diklat Persib. Hal itu dilakukan, agar mereka bisa terasah kemampuannya setelah berlatih bersama tim senior.

"Iya ada Teja, Fitrul, Reky dan Satrio. Saya membawa dua kiper untuk belajar dan berkembang hari demi hari. Saya rasa penting bagi mereka untuk berlatih bersama kiper senior," tegas Passos.