Bola Internasional

Berakhir Dramatis, Kroasia Lolos ke Final UEFA Nations League Usai Geprek Belanda

Kamis, 15 Juni 2023 04:36 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS-Peter Cziborra
Laga berakhir dengan dramatis, Kroasia lolos ke final UEFA Nations League seusai menggeprek Belanda. Foto: REUTERS-Peter Cziborra. Copyright: © REUTERS-Peter Cziborra
Laga berakhir dengan dramatis, Kroasia lolos ke final UEFA Nations League seusai menggeprek Belanda. Foto: REUTERS-Peter Cziborra.

INDOSPORT.COM – Laga berakhir dengan dramatis, Kroasia lolos ke final UEFA Nations League seusai menggeprek Belanda.

Ya, Kroasia berhak lolos ke final UEFA Nations League setelah berhasil menggilas Belanda dengan skor 4-2 di babak semifinal.

De Oranje unggul terlebih dahulu lewat Donyell Malen pada menit (34’), sebelum Vatreni mampu membalas melalui Andrej Kramaric pada menit ke-55 (P), dan Mario Pasalic (72’).

Untung saja, Noa Lang keluar sebagai pahlawan setelah sang pemain mencetak gol pada menit ke-90+6 sehingga membuat kedudukan menjadi 2-2 sehingga harus ditempuh dengan perpanjangan waktu.

Hanya saja, Belanda tetap tak tertolong lagi setelah Kroasia mampu mencetak dua gol tambahan lewat Bruno Petkovic (98’) dan Luka Modric pada menit ke-116 melalui titik putih sehingga skor berakhir 2-4.

Belanda sendiri tampil dengan beberapa pemain jempolan, seperti Virgil van Dijk, Denzel Dumfries, Nathan Ake, Frenkie de Jong, hingga Cody Gakpo.

Sayangnya, Timnas Belanda tak bisa berbuat banyak di pertandingan ini yang mana pasukan Ronald Koeman itu kalah penguasaan bola (45:55) hingga akurasi umpan (80:86).

Kekalahan ini sekaligus mengakhiri catatan tanpa kekalahan Cody Gakpo cs di UEFA Nations League di mana mereka sebelumnya menang lima kali dan imbang sekali di Grup A4.

Sementara itu, kemenangan ini tentu berarti bagi Kroasia di mana Vatreni kembali menuai hasil positif walaupun dianggap sebagai tim underdog.

Kunci kemenangan Kroasia ini terletak pada efektivitas mereka dalam memanfaatkan peluang yang mana Luka Modric cs mampu mengonversi empat dari lima tembakan ke gawang menjadi gol.

Kemenangan ini membuat Kroasia nantinya akan menghadapi salah satu pemenang dari laga Spanyol vs Italia di final UEFA Nations League.

Simak jadwal UEFA Nations League berikut ini dari partai semifinal hingga babak final.