Liga Italia

Di Bawah Gerry Cardinale dan Elliott, Kekayaan AC Milan Bertambah 2 Kali Lipat!

Jumat, 16 Juni 2023 14:45 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Isman Fadil
© Reuters/Daniele Mascolo
Bos RedBird Capital Gerry Cardinale dan Elliot manajemen sukses menaikkan nilai AC Milan. Copyright: © Reuters/Daniele Mascolo
Bos RedBird Capital Gerry Cardinale dan Elliot manajemen sukses menaikkan nilai AC Milan.

INDOSPORT.COM - Raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan, dilaporkan mengalami peningkatan finansial selama berada di bawah Elliot manajemen dan Garry Cardinale.

Media Forbes telah merilis daftar klub yang mengalami peningkatan finansial selama lima tahun terakhir dan AC Milan menjadi salah satunya.

Milan atau Rossoneri menempati peringkat 14 dengan peningkatan sebesar 129 persen dengan jumlah kekayaan 1,404 juta USD.

Posisi mereka berada di atas klub-klub besar Eropa lain seperti Tottenham Hotspur (posisi 15), Borussia Dortmund (posisi 19), dan Manchester City (posisi 27).

Meski demikian, Rossoneri masih kalah dengan Liverpool yang menghuni posisi lima dengan peningkatan 173 persen dan Paris Saint-Germain (PSG) yang berada di peringkat satu dengan peningkatan 334% selama lima tahun terakhir.

Peningkatan kekayaan AC Milan ini tidak lepas dari kinerja pemilik saham mereka, yakni Elliot manajemen dan Garry Cardinale.

Pada 2018, Paul Singer, presiden dari Elliot manajemen, telah mencucurkan dana 50 juta euro kepada Milan untuk memperbaiki kondisi finansial dalam klub tersebut.

Sekarang, Garry Cardinale sebagai pemilik RedBird Capital mencoba menerapkan 'moneyball' di AC Milan. Redbird akan mengoptimalkan alokasi sumber daya dan membangun model berkelanjutan untuk kesuksesan jangka panjang.

Strategi ini memprioritaskan membangun jaringan akademi, meningkatkan pengembangan pemain dan memberikan peluang bagi talenta muda untuk berkembang.

RedBird sendiri telah terbukti mampu meningkatkan nilai sebuah klub. Mereka pernah membeli FC Toulouse dengan harga 20 juta USD dan sekarang, klub tersebut bernilai 80 juta USD berdasar Forbes.