In-depth

Mang Ali, Pedagang Spesialis Baju Bola yang Keliling Kota Demi Rezeki

Jumat, 16 Juni 2023 10:57 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Mang Ali, pedagang spesialis baju dan pernak pernik sepak bola yg datang satu tim dari Bandung di Stadion GBT Surabaya. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Mang Ali, pedagang spesialis baju dan pernak pernik sepak bola yg datang satu tim dari Bandung di Stadion GBT Surabaya.

INDOSPORT.COM - Hampir di setiap even sepak bola, tak terkecuali laga Timnas Indonesia, terdapat para pedagang yang menjual berbagai pernak pernik di sejumlah titik stadion tempat pertandingan.

Baik laga di kompetisi Liga 1, Liga 2 hingga Liga 3, situasi seperti itu cukup lazim terlihat. Termasuk ketika FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Adalah Mang Ali, salah satu pedagang baju dan pernak pernik sepak bola yang berupaya mengais rezeki di jalan lingkar luar Stadion GBT.

Dia bahkan merupakan pedagang yang ternyata spesialis menjual baju dan berbagai marchandise non resmi sepak bola yang telah berkeliling kota.

Disebut spesialis, lantaran pekerjaannya untuk mengais rezeki memang mayoritas berasal dari berdagang baju bola, baik klub dan Timnas Indonesia.

"Sekarang timnasnya main di sini, ya kami ke Surabaya," ucap Mang Ali yang menempuh perjalanan puluhan jam dari Bandung kepada INDOSPORT.com, Rabu (14/6/23).

Sebelum sampai ke Surabaya, Mang Ali sebenarnya cukup dikenal pada beberapa stadion tempat gelaran pertandingan kompetisi di Jawa Barat.

Dia memulai kariernya sebagai pedagang spesialis baju bola ini ketika Persib Bandung bertanding di Stadion Siliwangi Bandung, sekira satu dekade silam.

Sehingga, mayoritas pertandingan sepak bola di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur pernah disinggahinya. Termasuk Timnas Indonesia.

"Jadwal terdekat memang Timnas Indonesia. Setelah di Surabaya, ya saya lanjutkan lagi berjualan saat lawan Argentina di Jakarta (19/6/23) nanti," imbuh Mang Ali.