Liga Indonesia

Persiraja Ingin Promosi Lagi, Ismed Sofyan Debut Melatih di Liga 2?

Jumat, 16 Juni 2023 08:08 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mantan kapten Persija Jakata, Ismed Sofyan (tengah). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mantan kapten Persija Jakata, Ismed Sofyan (tengah).

INDOSPORT.COM - Legenda hidup Persija Jakarta, Ismed Sofyan, berpotensi melakoni debut sebagai pelatih di Liga 2 pada musim 2023-2024. Persiraja Aceh yang kembali dipegang Nazaruddin Dek Gam menyatakan ketertarikan kepada Ismed.

Ismed Sofyan merupakan salah satu pesepakbola asal Aceh yang meraih kesuksesan besar. Ismed merasakan gelar Liga 1 2018 bersama Persija Jakarta.

Ismed juga kerap kali dipercaya menghuni sektor kanan atau kiri pertahanan Timnas Indonesia. Tercatat Ismed pernah 54 kali berseragam Timnas Indonesia, termasuk pada Piala Asia 2007.

Setelah resmi berpisah dengan Persija Jakarta pada tahun 2022 lalu, Ismed tak mencari klub baru. Ismed lebih disibukkan dengan aktivitas mencari lisensi kepelatihan.

Kini, Ismed telah mengantongi lisensi A AFC atau A Diploma. Lisensi itu sudah cukup untuk membuat pemain berusia 43 tahun itu menjadi pelatih kepala di tim Liga 2.

Ada kemungkinan Persiraja akan menjadi klub Liga 2 pertama yang ditanganinya. Setelah pengusaha Aceh, Nazaruddin Dek Gam, kembali menjadi presiden klub Persiraja, kontestan Liga 1 2021-2022 itu bergeliat lebih awal menatap Liga 2 2023-2024.

Salah satu rencana awal Persiraja adalah mengikat pelatih kepala. Ternyata, Ismed Sofyan sudah menjalin komunikasi dengan Persiraja.

Sebelum menjadi legenda hidup tim Persija, Ismed pernah memperkuat Persiraja. Ia membela tim Laskar Rencong pada tahun 1998-2000.

"Kita sudah berkomunikasi dengan beberapa nama calon pelatih Persiraja musim ini, termasuk Ismed Sofyan," kata Dek Gam, Kamis (15/06/23).

Ismed Sofyan dengan pengalaman panjangnya sebagai pemain nasional diharapkan bisa membawa Persiraja berprestasi. Dem Gam ingin Persiraja kembali meramaikan kompetisi Liga 1 lagi.