In-depth

Bocoran Sifat dan Karakter Sheikh Jassim, Manchester United Siap-Siap Senyum

Senin, 19 Juni 2023 16:58 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Instagram@ammadutd
Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, bankir asal Qatar calon pemilik Manchester United. Foto: Instagram@ammadutd. Copyright: © Instagram@ammadutd
Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, bankir asal Qatar calon pemilik Manchester United. Foto: Instagram@ammadutd.

INDOSPORT.COM - Sheikh Jassim, calon pemilik baru klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, ternyata pernah punya cerita bersama Al Sadd.

Ya, Al Sadd adalah klub yang pernah disinggahi legenda Barcelona, Xavi Hernandez, dan merupakan klub sepak bola asal Qatar.

Dulu, Sheikh Jassim pernah menjabat sebagai presiden Al Sadd pada era 2000-an. Meski tidak berkuasa lama, Sheikh Jassim punya era yang bisa dibanggakan di klub Qatar tersebut.

Al Sadd kembali menjadi klub papan atas dan pergerakan mereka di bursa transfer juga turut disorot. Salah satunya soal pengelolaan pemain.

Seperti dicontohkan Manchester Evening News, Al Sadd saat itu berhasil menyulap eks pemain Portsmouth, John Utaka, dari yang biasa saja menjadi rekrutan bernilai tinggi.

Sebagai informasi, pada 2001 John Utaka merapat ke Al Sadd dari klub Mesir, Ismaily, dengan nilai 1,5 juta dolar.

Namun angka tersebut sukses dilipatgandakan Al Sadd, yang kemudian melepasnya ke klub Prancis, RC Lens, dengan harga dua kali lebih tinggi.

Menjual pemain dengan keuntungan berlipat pun disebut-sebut sebagai bagian penting dari strategi Al Sadd kala itu di bawah Sheikh Jassim.

Bukan tidak mungkin, berkaca pada pengalaman, ia akan melakukan hal yang kurang lebih serupa jika nanti benar-benar sukses membeli Manchester United.

Sebagai informasi, saat Sheikh Jassim menjadi bos Al Sadd, kepemilikan klub-klub di Qatar sendiri belum bersifat pribadi, melainkan didanai oleh negara.