Liga Indonesia

Jelang Roda Kompetisi Liga 1 2023/2024, Erick Thohir Ingin Naikkan Citra Wasit Nasional

Selasa, 20 Juni 2023 20:39 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Penambahan dua asisten wasit pada pertandingan Liga 1 2021/2022. Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Penambahan dua asisten wasit pada pertandingan Liga 1 2021/2022. Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir sepertinya ingin membawa seluruh elemen Liga 1 2023-2024 naik kelas. Hal ini pun tak lepas untuk menaikan citra wasit.

Roda kompetisi Liga 1 2023-2024 memang akan segera bergulir. Kompetisi strata teratas di Indonesia ini dijadwalkan kick off pada 1 Juli mendatang.

Jelang bergulirnya musim baru kompetisi Liga 1, Erick Thohir selaku Ketua Umim PSSI ingin menaikan semua elemen dan citra Liga 1.

Hal ini pun tak lepas di sektor wasit nasional. Erick ingin pamor pengadil di lapangan bisa naim.
 
Kredibilitas dan integritas wasit Indonesia yang di masa lalu selalu mengundang polemik di setiap akhir pertandingan.

Menurut Erick sudah waktunya tidak terjadi lagi. PSSI ingin terus meningkatkan kualitas dan seleksi wasit yang akan bertugas.

"Kami baru saja menuntaskan tahap pertama antara PSSI dengan JFA, organisasi sepakbola Jepang untuk menjadikan sistem perwasitan nasional yang komprehensif sehingga wasit Indonesia dapat bersaing di level dunia," ujar Erick Thohir.

Seleksi wasit untuk Liga 1 dan Liga 2 yang melibatkan JFA menjadi langkah awal agar wasit lebih bersih, profesional, dan berintegritas.

Erick berharap dengan seleksi dan pelatihan wasit yang melibatkan JFA ini pertandingan Liga 1 dan Liga 2 di musim mendatang akan berjalan lebih fair dan menjunjung tinggi sportivitas. 

Dengan demikian, tidak ada lagi anggapan miring penonton yang sudah mengetahui skor sebelum pertandingan dimulai.