In-depth

Profil Shahar Ginanjar, Kiper yang Bawa Persib dan Persija Juara

Rabu, 21 Juni 2023 23:57 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Nama Shahar Ginanjar sudah tidak asing lagi bagi pecinta sepak bola tanah air, khususnya bagi pendukung Persib Bandung dan Persija Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Nama Shahar Ginanjar sudah tidak asing lagi bagi pecinta sepak bola tanah air, khususnya bagi pendukung Persib Bandung dan Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Nama Shahar Ginanjar sudah tidak asing lagi bagi pecinta sepak bola tanah air, khususnya bagi pendukung Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Pasalnya, pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang tersebut, memiliki catatan bagus bersama Persib dan Persija, yakni meraih gelar juara kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia bersama dua klub tersebut.

Shahar Ginanjar, bergabung dengan Persib pada musim 2013, saat itu tim kebanggaan Bobotoh dilatih oleh Djadjang Nurdjaman. 

Setelah itu, Shahar kembali mendapatkan kepercayaan untuk memperkuat Persib Bandung pada kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014, walaupun minim menit bermain. 

Pada musim tersebut, Shahar turut mengantarkan Persib meraih gelar juara ISL 2014, setelah pada final menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Jumat (07/11/2014), berhasil meraih kemenangan.

Saat itu, skor imbang 2-2 untuk kedua kesebelasan. Memasuki babak adu penalti, eksekutor Persib Bandung yakni Makan Konate, Ferdinand Sinaga, Tony Sucipto, Supardi Nasir dan Achmad Jufriyanto berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. 

Sedangkan di kubu Persipura, Boaz Solossa, Yohanes Pahabol, dan Robertino Pugliara berhasil memasukan bola ke gawang Persib.

Namun, Made yang tampil menjaga gawang Persib saat itu berhasil menahan bola sepakan penendang keempat tim Mutiara Hitam, Nelson Alom, hal tersebut membuat Maung Bandung unggul 5-3 dan berhak meraih gelar juara. 

Juara ISL 2014 mengakhiri puasa gelar Persib, karena tim Maung Bandung terakhir meraih gelar juara pada kompetisi Liga Indonesia 1994-1995. Sehingga, gelar itu disambut dan dirayakan luar biasa oleh Bobotoh.

Setelah itu, Shahar Ginanjar juga turut mengantarkan Persib meraih gelar juara pada turnamen Piala Presiden 2015, saat itu skuad Maung Bandung berhasil menaklukkan Sriwijaya FC pada laga final di Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan skor 2-0, Minggu 18 Oktober 2015.