In-depth

Dulu Dididik Ajax, Kini Ryan Gravenberch Bisa Jadi Paul Pogba-nya Liverpool

Kamis, 22 Juni 2023 11:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© DeFodi Images via Getty Images
Ryan Gravenberch saat masih di Ajax. Foto: DeFodi Images via Getty Images. Copyright: © DeFodi Images via Getty Images
Ryan Gravenberch saat masih di Ajax. Foto: DeFodi Images via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Nama gelandang Bayern Munchen, Ryan Gravenberch, belakangan muncul dalam daftar buruan klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, di bursa transfer.

Salah satunya diwartakan Mirror, peluang mendatangkan pemain berusia 21 tahun ini terbuka cukup lebar karena sang pemain tidak menutup pintu keluarnya dari Bayern Munchen.

Ryan Gravenberch sendiri baru merapat ke Bayern Munchen pada musim panas 2022 usai menimba ilmu di Ajax Amsterdam.

Ya, ia merupakan jebolan akademi Ajax yang sudah bergabung dengan mereka sejak usia 10 tahun, dan dianugerahi penghargaan Abdelhak Nouri Trophy.

Raihan trofi tersebut pun menandakan bahwa Ryan Gravenberch, setidaknya sekali dalam hidupnya, pernah menjadi pemain terbaik di akademi Ajax.

Setelah bertahun-tahun berada di klub yang telah mendidiknya, Ryan Gravenberch pun memutuskan hengkang ke Jerman dan bergabung dengan Bayern Munchen.

Meski sempat disebut-sebut mirip Paul Pogba dan Frank Rijkaard, pemain kelahiran Amsterdam ini ternyata tidak melalui musim yang baik-baik saja bersama Die Roten.

Musim debutnya di Jerman ternodai oleh Joshua Kimmich dan Leon Goretzka, yang menjegal jalannya menuju starter reguler.

Situasi pun makin pelik bagi Ryan Gravenberch setelah Bayern Munchen mendaratkan Konrad Laimer sebagai rekrutan pertama mereka di bursa transfer musim panas.

Kini, sang pemain pun punya kesempatan angkat kaki dari Bayern Munchen menuju Liverpool, bahkan Manchester United - di mana ia bisa bersua mantan pelatihnya, Erik ten Hag.