Liga Indonesia

PSSI Datangkan Wasit Legendaris Pierluigi Collina untuk Disiplinkan Wasit Lokal

Kamis, 22 Juni 2023 14:02 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© GettyImages
Ketua umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan akan mendatangkan eks wasit legendaris, Pierluigi Collina, dalam waktu dekat. Copyright: © GettyImages
Ketua umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan akan mendatangkan eks wasit legendaris, Pierluigi Collina, dalam waktu dekat.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan akan mendatangkan eks wasit legendaris, Pierluigi Collina, dalam waktu dekat. Itu untuk memotivasi wasit lokal, supaya bisa memimpin pertandingan dengan baik.

PSSI sudah berkirim surat ke FIFA untuk mengundang eks wasit asal Italia tersebut. Sebab, Collina sekarang menjabat sebagai Kepala Komite Wasit FIFA.

"Saya juga sudah mendorong FIFA untuk mengirim wasit Collina, instruktur dari FIFA untuk datang ke Indonesia untuk bertemu dengan wasit kita, biar mereka semangat," ujar Erick Thohir, Kamis (22/06/23) di GBK Arena, Jakarta.

Bagi penggemar sepak bola sejak era 1990-an, Pierluigi Collina bukanlah sosok asing. Dia adalah pengadil lapangan paling ikonik, dengan perawakan kepala plontos, tatapan tajam dan galak terhadap pemain.

Itu membuat Collina disegani para pemain, sebab dia tak kenal kompromi bagi yang melakukan pelanggaran. Ia aktif menjadi wasit dari 1988 hingga 2006.

Salah satu momen ketegasan Collina adalah saat Euro 2000. Dia menghardik dan mendorong bek Timnas Ceko, Tomas Repka, yang melakukan protes keras usai berselisih dengan gelandang Belanda, Edgar Davids.

Karena wibawa dan ketegasannya, Pierluigi Collina sering dipercaya memimpin pertandingan penting, di antaranya final Liga Champions 1999 (Bayern Muenchen vs Manchester United) dan final Piala Dunia 2002 (Brasil vs Jerman).

Saat masih aktif, Collina dinobatkan sebagai Wasit Terbaik FIFA enam kali beruntun dari tahun 1998-2003.