Bola Internasional

Media Malaysia Soroti Penunjukkan Tuan Rumah Piala U-17, Singgung Soal Israel

Sabtu, 24 Juni 2023 11:13 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Buda Mendes - FIFA/FIFA via Getty Images
Ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menjadi sorotan media Malaysia, yang turut menyinggung soal kehadiran Timnas Israel. Copyright: © Buda Mendes - FIFA/FIFA via Getty Images
Ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menjadi sorotan media Malaysia, yang turut menyinggung soal kehadiran Timnas Israel.

INDOSPORT.COM – Ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menjadi sorotan media Malaysia, yang turut menyinggung soal kehadiran Timnas Israel.

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI baru-baru ini mengumumkan kabar bahagia, yakni Indonesia resmi menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia U-17 2023, melalui akun Instagram resminya.

“Syukur Alhamdulillah, Indonesia telah dipercaya oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17 2023. Semoga persiapannya berjalan lancar dan berbuah sukses. Kita ingin nama Indonesia kembali harum di dunia internasional,” tulis Erick Thohir.

Ajang bergengsi ini bakal digelar pada 10 November hingg 2 Desember 2023 mendatang dan diikuti oleh 24 tim, yang terdiri dari satu tim tuan rumah, 4 perwakilan AFC, 4 perwakilan CAF, 4 perwakilan CONCACAF, 4 perwakilan CONMEBOL, 2 perwakilan OFC, dan 4 negara dari UEFA.

Namun ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 juga menuai kontroversi dan tanda tanya dari sejumlah pihak.

Salah satunya ialah media Malaysia, Makan Bola, yang menyoroti keputusan FIFA serta kesiapan negara tetangga sebagai tuan rumah.

“Indonesia sebelumnya ditolak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, namun kini terpilih kembali menjadi tuan rumah untuk kategori berbeda, diyakini karena sudah siap menjadi tuan rumah,” tulis Makan Bola.

Selain itu mereka turut menyinggung gagalnya Indonesia karena sejumlah hal termasuk menyinggung urusan politik dan penolakan Timnas Israel.

“Sebelumnya, FIFA membatalkan hak tuan rumah Indonesia akibat penolakan negara tersebut atas kehadiran Israel karena faktor politik,” jelas media Malaysia tersebut.

Sementara itu, sudah ada 20 tim yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia.