Timnas Indonesia

Kaget Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Coach Justin: Lobi Tingkat Tinggi!

Minggu, 25 Juni 2023 20:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Coach Justin mengaku terkejut dengan keputusan FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Coach Justin mengaku terkejut dengan keputusan FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

INDOSPORT.COM - Indonesia baru saja ditunjuk FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 pada 10 November - 2 Desember 2023. Hal itu dikatakan merupakan hasil lobi tingkat tinggi. 

Pengamat sepak bola Justinus Lhaksana atau akrab disapa coach Justin mengaku terkejut dengan keputusan FIFA. Dia melihat keputusan tersebut pasti tak lepas dari peran ketua umum PSSI, Erick Thohir

Coach Justin tak menyangka FIFA masih memperhitungkan Indonesia, setelah sebelumnya FIFA mencabut status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 karena Indonesia dinilai gagal menjamin kenyamanan peserta. 

Keputusan itu menunjukkan Indonesia masih dipercaya dunia internasional. Coach Justin menduga ada lobi tingkat tinggi dan luar biasa yang dilakukan Erick Thohir, apalagi ketum PSSI itu berhubungan baik dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino.

"Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah U-17 oleh FIFA. Sebenarnya saya agak kaget. Karena sebelumnya di Piala Dunia U-20 kita tidak diberikan," buka coach Justin.

"Pasti ini ada lobi tingkat tinggi. Dan sorry to say ini adalah kerjaan yang luar biasa dari Erick Thohir sebagai ketua PSSI," katanya.

Lebih lanjut, eks pelatih Timnas futsal itu menyatakan Piala Dunia U-17 bukan pelipur lara bagi Indonesia setelah gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Karena level U-20 lebih tinggi, banyak pemain potensial dan matang, sedangkan U-17 masih terlalu muda.

Meski demikian, coach Justin tetap memuji peran Erick Thohir yang luar biasa. Walau belum terlalu lama memimpin PSSI, sudah banyak gebrakan yang dilakukan.