In-depth

Hari Ini Tepat 7 Tahun Lalu Lionel Messi Frustrasi dan Umumkan Pensiun dari Timnas Argentina

Rabu, 28 Juni 2023 08:05 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Annegret Hilse
Reaksi Lionel Messi usai timnya kalah atas Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse) Copyright: © REUTERS/Annegret Hilse
Reaksi Lionel Messi usai timnya kalah atas Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

INDOSPORT.COM - Hari ini, Rabu (28/06/23) tepat tujuh tahun lalu di mana Lionel Messi pernah frustrasi, dan menyatakan pensiun dari Timnas Argentina pada 2016.

Pada 28 Juni 2016 lalu, Lionel Messi harus menangggung beban berat saat dirinya dan Argentina menjadi pecundang. Bahkan, ia juga akhirnya memutuskan pensiun berseragam La Albiceleste.

Pernyataan mengejutkan tersebut keluar dari mulut Lionel Messi saat masih berusia 29 tahun, sesaat setelah Argentina takluk 4-2 dari Chile di final Copa America Centenario 2016.

Dirinya sebenarnya masih sangat layak membela Argentina akhirnya membuat dunia sepakbola di eranya seperti sudah berakhir.

Raut wajah pilu dan air mata yang tak hentinya mengalir terlihat jelas di wajah pemain berjulukan La Pulga seusai Chile berpesta pora.

Lionel Messi tampak sangat tertekan, dan seolah tak memiliki pilihan lain selain memutuskan untuk melepas panji negara dari tubuhnya.

“Bagi saya tim nasional sudah berakhir. Saya sudah melakukan semuanya yang saya bisa untuk Argentina,” kata Lionel Messi kala itu.

"Keputusan itu sudah diambil. Rasanya sakit setelah gagal menjadi juara," ucapnya menambahkan.

Di final Copa America Centenario 2016 pada 27 Juni melawan Chile, Lionel Messi memang dinilai bermain kurang menjanjikan.

Ia bahkan menjadi pecundang karena gagal penalti, dan sempat mendapat kartu kuning karena dianggap melakukan diving di babak pertama. 

Selain Copa America Centenario 2016, Lionel Messi juga sempat gagal membawa Argentina meraih gelar usai lolos final di Piala Dunia 2014 dan Copa America 2015.