In-depth

Astana FC, Sang Permata Kazakhstan yang Buat Sejarah di Liga Champions

Kamis, 29 Juni 2023 16:17 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© instagram.com/fca.astana
Melihat kembali perjalanan fantastis Astana FC, sang permata dari Kazakhstan yang sukses buat sejarah di Liga Champions. Copyright: © instagram.com/fca.astana
Melihat kembali perjalanan fantastis Astana FC, sang permata dari Kazakhstan yang sukses buat sejarah di Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Melihat kembali perjalanan fantastis Astana FC, sang permata dari Kazakhstan yang sukses buat sejarah di Liga Champions.

Dalam 68 tahun bergulirnya kompetisi tertinggi antar klub benua Eropa, Liga Champions, sejumlah rekor dan catatan apik berhasil ditorehkan para tim peserta.

Manchester City misalnya, klub asal Liga Inggris ini akhirnya untuk pertama kali sejak klub berdiri tahun 1880 silam, berhasil mengangkat trofi Liga Champions.

Manchester City sukses tuai sejarah setelah mengalahkan Inter Milan 1-0 dalam pertandingan final yang berlangsung pada 10 Juni 2023 silam.

Skuat arahan Pep Guardiola tersebut jadi tim keenam asal Inggris yang berhasil merajai panggung Liga Champions setelah Man United, Liverpool, Nottingham Forest, Aston Villa dan Chelsea.

Selain Manchester City, kisah heroic juga pernah dirasakan tim antah berantah Astana FC dan berhasil mengejutkan panggung Liga Champions.

Dalam sejarahnya, Astana FC berhasil jadi tim asal Kazakhstan pertama serta satu-satunya saat ini yang bisa tampil di putaran final Liga Champions.

Momen tersebut terjadi pada musim 2015/16, dimana Astana FC yang berjuang dari babak kualifikasi paling bawah, berhasil lolos hingga babak penyisihan grup.

Tak hanya sebatas numpang lewat, Astana FC mampu membuat sejumlah tim besar Eropa pada saat itu kesulitan untuk mencuri poin dari skuat berjuluk Astanalyqtar ini.

Lantas seperti apakah cerita Astana FC yang membuat sensasi di Liga Champions musim 2015/16 silam? Untuk mengetahuinya, berikut INDOSPORT coba mengulas: