In-depth

Pelatih Debutan Bertebaran di Liga 1 2023/24, Siapa Bisa Ikuti Jejak Sukses Bernardo Tavares?

Jumat, 30 Juni 2023 16:29 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga 1 BRI 2021 Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga 1 BRI 2021

INDOSPORT.COM - Liga 1 musim baru 2023-24 akan segera bergulir, banyak pelatih debutan yang siap meramaikan. Siapa yang bisa mendulang sukses?

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 musim 2023-2024, akan segera bergulir pada Sabtu (01/07/23), dan berakhir April 2024 mendatang.

Total 18 tim siap bersaing memperebutkan gelar, mayoritas adalah tim musim lalu yang tidak ada promosi dan degradasi.

Berbeda dari sebelumnya, musim ini kompetisi menggunakan format regular series dan championship series. Di reguler series, 18 klub bakal bertanding selama 34 pekan.

Nantinya, empat tim teratas di klasemen akhir bakal melaju ke babak championship series untuk kembali diadu dengan sistem gugur kandang dan tandang.

Mengingat start Liga 1 musim baru semakin dekat, hampir seluruh peserta telah mengupayakan persiapan serius.

Entah memanfaatkan bursa transfer untuk merekrut pemain bintang, atau menggelar laga-laga uji coba, semua dimaksimalkan hanya untuk mematangkan komposisi skuat.

Sebenarnya ada satu sektor lagi yang perlu diperhatikan kualitas persiapannya, yakni reputasi pelatih. Kemampuan dalam meracik strategi, tentu akan berpengaruh kepada prestasi yang akan didapat sebuah tim di Liga 1 2023/24 nanti.

Kebetulan, pentas Liga 1 2023/24 bakal dihiasi oleh sejumlah nama pelatih debutan. Mereka bakal kali pertama merasakan beradu taktik dalam ketatnya persaingan kasta tertinggi sepak bola Tanah Air.

Jika tak cermat mengambil keputusan strategi, bukan mustahil ini akan jadi pengalaman perdana yang begitu cepat di Liga 1. Tetapi tidak sedikit juga yang bisa meraih sukses, meski pertama kali mengadu nasib di sepak bola Indonesia.

Bernardo Tavares adalah salah satunya. Pria asal Portugal itu datang ke Indonesia setelah diboyong oleh PSM Makassar pada April 2022 lalu dari klub Liga Finlandia, Helsinki IFK.

Buta kekuatan sepak bola nasional tidak menghalangi Tavares untuk bisa membawa PSM Makassar berprestasi.

Benar saja, ia mampu memberikan gelar Liga 1 perdana bagi Juku Eja, setelah terakhir kali dimenangkan pada musim 1999-2000 lalu.

Lantas siapa saja pelatih debutan Liga 1 musim 2023/24 yang berpotensi mengikuti jejak sukses Bernardo Tavares? berikut beberapa kandidatnya: