Liga Inggris

UEFA Bertindak! Manchester City Dapat Dana Ilegal dari Sosok Misterius

Sabtu, 1 Juli 2023 13:50 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan, pemilik Manchester City asal Abu Dhabi Group. Copyright: © Getty Images
Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan, pemilik Manchester City asal Abu Dhabi Group.

INDOSPORT.COM - Investigasi yang dilakukan oleh UEFA telah menemukan fakta menarik terkait tuduhan bahwa Manchester City baru saja mendapat pasokan dana dari 'sosok misterius'.

Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester City, diklaim telah mendapatkan pembayaran sebesar 30 juta pound dari pihak Uni Emirat Arab.

Kabarnya, dana tersebut adalah untuk pembiayaan sebuah sponsor yang bekerja sama dengan Man City. Hal tersebut sudah terjadi pada 2012 dan 2013 silam.

Masalahnya, melansir dari Sky Sports, pihak UEFA lantas melakukan investigasi dan mereka menemukan bahwa dana tersebut digunakan untuk pembiayaan sponsor yang tidak ada.

Laporan dari Badan Kontrol Keuangan Klub UEFA (CFCB) telah menjadi alasan tertulis dari keputusan pelarangan Manchester City bermain di kompetisi Eropa selama dua tahun penuh pada 2020.

Laporan itu tidak pernah dipublikasikan karena The Citizen mengajukan banding terhadap keputusan itu dan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) kemudian membatalkan putusan CFCB.

Dalam laporan itu, perwakilan Manchester City mengatakan bahwa pendanaan dengan total 30 juta pound adalah dari perusahaan telekomunikasi Etisalat yang berasal dari seseorang bernama Jaber Mohammed.

Masih dari Sky Sports, pihak-pihak yang terkait dengan pendanaan tersebut juga tidak lepas dari pemilik Manchester City, yaitu Sheikh Mansour.

Namun, mereka meyakinkan bahwa 30 juta poundsterling itu untuk dana ekuitas dan tidak berkaitan dengan sponsor mana pun.

Hanya saja, masih belum diketahui apakah dana itu masih berkaitan dengan kasus Manchester City beberapa waktu lalu, di mana mereka menghadapi 115 dakwaan atas dugaan pelanggaran finansial Liga Inggris.