In-depth

Eropa Ketar-ketir! Dalam 5 Tahun Liga Arab Saudi Jadi yang Terbaik di Dunia

Senin, 3 Juli 2023 15:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Ahmed Yosri
Sepak bola Eropa wajib ketar-ketir dengan perkembangan Liga Arab Saudi, yang berpotensi menjadi terbaik di dunia hanya dalam kurun waktu lima tahun saja. Copyright: © REUTERS/Ahmed Yosri
Sepak bola Eropa wajib ketar-ketir dengan perkembangan Liga Arab Saudi, yang berpotensi menjadi terbaik di dunia hanya dalam kurun waktu lima tahun saja.

INDOSPORT.COM – Sepak bola Eropa wajib ketar-ketir dengan perkembangan Liga Arab Saudi, yang berpotensi menjadi terbaik di dunia hanya dalam kurun waktu lima tahun saja.

Seperti yang diketahui, sepak bola Asia tengah bergeliat lewat kiprah Arab Saudi dalam beberapa bulan terakhir, terutama di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Kiprah Arab Saudi ini terlihat sejak kedatangan Cristiano Ronaldo ke Al Nassr pada akhir tahun 2022 lalu, usai dilepas oleh Manchester United.

Kedatangannya menambah semarak kompetisi teratas tersebut. Bahkan sang megabintang tak ragu menyebut bahwa Liga Arab Saudi bisa menjadi salah satu dari lima liga top di dunia.

“Jika mereka (Arab Saudi) melanjutkan apa yang mereka inginkan dalam lima tahun ke depan, saya pikir Liga Arab Saudi bisa menjadi lima liga terbaik di dunia,” ujar Ronaldo pada Juni 2023 lalu.

Komentar Cristiano Ronaldo tersebut sempat dicemooh, mengingat Liga Arab Saudi tak punya daya tarik ketimbang liga-liga lainnya.

Apalagi Eropa masih menjadi kiblat sepak bola, di mana banyak pemain dari seluruh dunia berbondong-bondong berkarier di benua biru.

Tapi komentar Ronaldo itu bukanlah isapan jempol belaka. Apalagi jika melihat keseriusan Arab Saudi dalam membangun sepak bolanya.

 Keseriusan ini terlihat dari sepak terjangnya dalam enam bulan terakhir, termasuk dalam memboyong bintang-bintang besar untuk menambah daya tarik.

Selain itu, ada beberapa faktor lainnya mengapa Liga Arab Saudi bisa memenuhi prediksi Cristiano Ronaldo dan menjadi salah satu liga terbaik dunia yang membuat Eropa bisa ketar-ketir. Apa saja faktor itu?