Liga Indonesia

Dibuka Indra Sjafri, Garuda International Cup 3 Meriahkan Momen Piala Dunia U-17

Kamis, 6 Juli 2023 12:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Media GIC
Dirtek PSSI, Indra Sjafri, membuka turnamen Garuda International Cup (GIC) 3 di ATG Sentul, Kamis (6/7/23). Copyright: © Media GIC
Dirtek PSSI, Indra Sjafri, membuka turnamen Garuda International Cup (GIC) 3 di ATG Sentul, Kamis (6/7/23).

INDOSPORT.COM - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri resmi membuka ajang Garuda International Cup 3 di ASIOP Training Ground (ATG) Sentul, Kamis (6/7/23). Turnamen ini memeriahkan momen Piala Dunia U-17 2023, di mana Indonesia berstatus tuan rumah.

Turnamen GIC 3 yang mengusung tema “The Season is Coming! Let’s Have Fun”  digelar di ATG pada Kamis (6/7/23) hingga Minggu (9/7/23). Ada pun turnamen terbagi dua kelompok usia, yaitu U-12 dan U-17. 

Persaingan pada turnamen GIC 3 ini semakin sengit karena diikuti 32 kontestan dari tujuh negara, antara lain Indonesia, Jepang, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Brunei Darussalam. 

Indra Sjafri menilai hajatan ini terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, baai dari segi jumlah peserta maupun asal negara.

"Pertama kesan kami bahwa event ini semakin ke sini semakin diminati. Parameternya kalau tahun lalu 24 tim sekarang ada 32 tim. Kalau tahun lalu ada lima negara sekarang ada tujuh negara. Artinya penyelenggaraan semakin baik," kata Indra Sjafri.

Indra Sjafri pun berharap dari turnamen ini tak hanya memajukan sepak bola Indonesia semata. Melainkan turut memajukan ekonomi UMKM setempat.

"Kami harap seperti Gothia Cup yang diikuti banyak negara karena tidak hanya dapat manfaat dari sisi teknis sepak bola tetapi juga jadi momen untuk kegiatan ekonomi UMKM," ujar Indra.

Selain itu, Indra menambahkan perhelatan ini juga memberikan warna atau memeriahkan Piala Dunia U-17 2023 yang bakal berlangsung di Indonesia.

"Sungguh momen bagus juga karena bertepatan menjelang Piala Dunia U-17. Banyak negara tuan rumah yang setelah menggelar turnamen FIFA kemampuan mereka meningkat pesat," jelasnya.

Indra Sjafri sekaligus memastikan bahwa PSSI akan memantau pemain-pemain yang bersinar di GIC 3. Tidak tertutup kemungkinan mereka bisa dipanggil memperkuat timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 2023.

"Ada tiga syarat bela timnas Indonesia. Pertama, warga negara yang dibuktikan dokumen negara. Harus pindah asosiasi kalau pernah membela timnas senior negara lain. Jangan ada dusta di antara kita," cetusnya. 

"Silakan perlihatkan kemampuan terbaik kalian. Nanti akan ada tim dari PSSI yang akan memantau kalian untuk menjadi bagian dari timnas U-17," tukas Indra Sjafri.