In-depth

Jangan Asal ke Eropa, Alasan Kenapa Timnas Indonesia Harus TC di Austria untuk Piala Dunia U-17

Kamis, 6 Juli 2023 12:35 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Demi mempersiapkan diri jelang Piala Dunia U-17 2023, PSSI sudah merencanakan pemusatan latihan atau training camp (TC) untuk timnas Indonesia U-17. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Demi mempersiapkan diri jelang Piala Dunia U-17 2023, PSSI sudah merencanakan pemusatan latihan atau training camp (TC) untuk timnas Indonesia U-17.

INDOSPORT.COM - Demi mempersiapkan diri jelang Piala Dunia U-17 2023, PSSI sudah merencanakan pemusatan latihan atau training camp (TC) untuk timnas Indonesia U-17.

Belum diketahui dimana lokasi kegiatan tersebut akan digelar namun sepertinya Garuda Muda akan diterbangkan jauh melintasi benua.

Menurut info dari Erick Thohir selaku ketua umum PSSI, TC untuk timnas Indonesia U-17 akan dilaksanakan dua kali.

Sesi pertama akan digelar pada Juli 2023 yang disusul dengan sesi tambahan tepat di bulan berikutnya.

Wakil ketua umum PSSI, Zainudin Amali, bahkan memberikan bocoran yang lebih jelas karena mengabarkan jika Jerman dan Qatar bakal jadi destinasi pelatih Bima Sakti dan anak-anak asuhnya.

TC kali ini akan sangat krusial mengingat segala sesuatu tentang timnas Indonesia U-17 dan Piala Dunia U-17 2023 teramat mepet.

Pada akhir Juni 2023 lalu FIFA secara mengejutkan menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah kompetisi kelompok usia tersebut sebagai pengganti Peru yang dinilai tidak layak.

Padahal Piala Dunia U-17 2023 sudah harus digelar pada 10 November hingga 2 Desember mendatang yang artinya hanya ada empat bulan bagi PSSI mempersiapkan segalanya baik itu venue, akomodasi, keamanan, dan tentu saja kesiapan penggawa timnas Indonesia U-17.

Meski mungkin tidak sekrusial aspek lain bila mengutamakan kenyamanan para negara tamu yang akan datang bertanding, kesiapan timnas Indonesia U-17 juga layak diberi perhatian lebih.

Pasalnya sudah cukup lama para pemain tidak berkumpul tepatnya sejak Oktober 2022 silam ketika dipastikan gagal lolos dari kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang juga sekaligus menjadi babak penyisihan menuju putaran final Piala Dunia U-17.